Polres Tanah Datar Serahkan 32 Kantong Darah ke PMI

id Donor Darah, Polres Tanah Datar, PMI

Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas (tengah) melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum donor darah didampingi Kasat Lantas AKP Yulandi Rusadi (kanan) dan Kabag Sumda Kompol M. Ishack (kiri) di Mapolres Tanah Datar, Selasa (11/7). (ANTARA SUMBAR/Irfan Taufik)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Polres Tanah Datar, Sumatera Barat menyerahkan 32 kantong darah kepada Palang Merah Indonesia (PMI) setempat hasil kegiatan bakti sosial donor darah peringatan Hari Bhayangkara ke-71.

"Aksi bakti sosial donor darah ini diikuti anggota Polres, Kodim, dan masyarakat, dengan kerja sama PMI Tanah Datar," kata Kepala Polres Tanah Datar, AKBP Bayuaji Yudha Prajas usai acara di Pagaruyung, Selasa.

Kapolres menyebutkan bakti sosial ini sebagai bentuk kepedulian Polri dan TNI dalam membantu memenuhi kekurangan darah di PMI setempat.

"Kita mengimbau masyarakat untuk ikut berpartisipasi membantu PMI dalam memenuhi kebutuhan darah bagi mereka yang membutuhkan," tambahnya.

Ia menjelaskan untuk berpartisipasi mendonorkan darah, peserta langsung datang ke lokasi dan melakukan pemeriksaan kesehatan, jika memenuhi syarat, calon pendonor dapat langsung melakukan donor.

"Kegiatan sosial kemanusiaan ini akan kita lakukan secara kontiniu karena saat ini kebutuhan masyarakat terhadap darah masih kurang, jadi tidak hanya pada saat momen ulang tahun saja," sebutnya.

Pengurus PMI Tanah Datar, dr. Martining mengatakan kegiatan donor darah yang dilakukan Polres ini sangat membantu dalam memenuhi permintaan pasien yang tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ali Hanafiah Batusangkar.

"Saat ini permintaan darah untuk keperluan pasien yang tengah menjalani perawatan cukup banyak," ujarnya.

Ia mengharapkan kegiatan semacam ini dapat dilakukan berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta secara berkala, sehingga mampu mencukupi kebutuhan darah di rumah sakit dan tidak perlu meminta donor kepada keluarga pasien.

"Kita siap mendukung setiap kegiatan donor darah dan akan menurunkan petugas, sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk kepentingan kemanusiaan," lanjutnya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar