Kader PKK harus Bisa Kembangkan Potensi Lingkungan

id Suriati Muzni, PKK, Solok Selatan

Kader PKK harus Bisa Kembangkan Potensi Lingkungan

Ketua TP-PKK Solok Selatan Suriati Muzni Zakaria. (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Keserjahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, Suriati Muzni mengatakan kader PKK harus bisa mengembangkan potensi di lingkungan tempat tinggalnya untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan keluarga.

"Kader PKK harus memiliki kemampuan dalam melakukan berbagai kegiatan disetiap nagari terutama kemampuan untuk memamfaatkan potensi lingkungan

guna perbaikan ekonomi dan kesejahteraan keluarga," katanya di Padang Aro, Selasa.

Hal itu disampaikan Ketua TP-PKK Solok Selatan saat membuka jambore dan seleksi kader PKK Berprestasi Tingkat Kabupaten Solok Selatan di Padang Aro yang di ikuti oleh seluruh Wakil Ketua, pengurus TP PKK Kabupaten, ketua TP PKK Kecamatan dan ketua TP PKK Nagari se-Solok Selatan.

Dia mengapresiasi kader PKK nagari yang telah berbuat banyak untuk membangun pemberdayaan keluarga di setiap nagari.

Peran serta dan keterlibatan kader tanpa pamrih untuk melakukan 10 program pokok PKK dan program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan harus bisa menjadi pendukung usaha Pemerintah guna mewujudkan visi dan misi Sejahtera dan Religius yang tengah digadang-gadang saat ini.

Apalagi, kata dia, saat ini pemerintah Kabupaten Solok Selatan tengah melakukan pembangunan wisata budaya dan religius sebagai bagian dari usaha untuk pembangunan ekonomi masyarakat dan pemasukan untuk pendapatan daerah.

Dia berharap, hasil seleksi kader PKK berprestasi pada jambore tahun ini dapat membawa nama baik Solok Selatan di ajang Jambore Kader PKK Berprestasi Tingkat Provinsi Sumbar.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Jambore Kader PKK Berprestasi Tahun 2017, Ny. Bet Yulian Efi menjelaskan, lomba kader PKK berprestasi dilaksanakan mulai Selasa (11/7) hingga Jumat (14/7).

Ada lima jenis lomba yang akan difokus pada ajang jambore kader PKK Berprestasi kali ini, diantaranya, lomba leaflet (Sekretariat), lomba asmaul husna (pokja 1), UP2K (pokja 2), lomba daur ulang (pokja 3) dan lomba berbagi peran tentang ' waspada hipertensi, stroke mengintai'.

Menurut dia, hasil seleksi dalam lomba ditambah dengan pengurus Kabupaten dan Kecamatan, kontingen Solok Selatan akan menuju jambore kader PKK Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang akan digelar 17-20 Juli 2017. (*)