Menguak Tabir, Ratusan Peserta Ikuti Seminar Lapangan Di Candi Padang Roco

id #Candi Padang Roco #Potensi Wisata Dharmasraya

Menguak Tabir, Ratusan Peserta Ikuti Seminar Lapangan Di Candi Padang Roco

Kepala Bidang Pariwisata Benny Mandala Putra (Tengah), Ketua Jimdy Vingky Madelova (Kanan), dan Alumni Jimdy Ari Asmanto (Kedua Kanan) dalam acara pembukaan seminar lapangan dengan tema "Menguak Tabir Dharmasraya" di Komplek Candi Padang Roco, Dusun Sungai Langsek Nagari Siguntur, Kabupaten Dharmaraya, (10/7). (Ilka Jensen/Antara Sumbar) (b)

Pulau Punjung, (Antarasumbar) - Sekitar 100 peserta mengikuti Seminar lapangan bertema "Menguak Tabir Dharmasraya" di Komplek Candi Padang Roco, Dusun Sungai Langsek Nagari (Desa Adat) Siguntur, Kabupaten Dharmaraya, Sumatera Barat.

"Kami atas nama pemerintah daerah sangat mengaprsiasi terlaksananya seminar ini karena sudah berupaya membuka sejarah dan budaya Dharmasraya," kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda dan Olahraga Benny Mandala Putra, di Pulau Punjung, Senin.

Seminar dilaksanakan organisasi Jaringan Intelektual Mahasiswa Dharmasraya Yogyakarta (Jimdy). Dimana peserta seminar berasal dari Mahasiswa Universitas Dharmas Indonesia (Undhari), Kampus III Universitas Andalas (Unand), dan Alumni Jimdy.

Menurutnya Dharmasraya memiliki potensi pariwisata budaya dan sejarah yang dapat dikembangkan dan diharapkan mampu mengerakan perekonomian masyarakat.

Untuk itu, ia berharap dukungan seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan termasuk kalangan mahasiswa dan generasi muda dalam mengenalkan potensi pariwisata daerah ke masyarakat luas.

"Sekali lagi kami atas nama pemerintah mengapresiasi apa yang digelar Jimdy, karena sudah mencoba membuka sejarah pariwisata Dharmasraya melalui kegiatan seminar hari ini," ujarnya.

Melalui kegiatan ini pemerintah daerah berharap generasi muda untuk lebih jauh meningkatkan pemahaman tentang budaya dan sejarah, dengan demikian masyarakat dapat membangun komunikasi atas keanekaragaman dan perbedaan budaya yang ada di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir sebagai Narasumber dari Kasi Pelindung, Pemeliharaan, Dan Pemanfaatan Balai Pelestarian Cagar Dan Budaya (BPCB) Batu Sangkar, Tegu Hidayat dan moderator Pandong Spenra.

Sementara itu, Ketua Jimdy Vinhky Madelova mengatakan seminar itu merupakan salah satu program Jimdy yang disusun jajaran pengurus. Di samping kegiatan bakti sosial dan kompetensi futsal yang rencananya akan digelar tahun depan.

"Kegiatan ini sekaligus momen menjalin silaturahmi antara pengurus Jimdy bersama alumni yang berada di Dharmasraya," ujarnya.

Salah satu alumni Jimdy, Ari Asmanto mengapresiasi kegiatan yang telah dibuat Jimdy. Menurutnya ke depannya setelah kegiatan diharapkan terjalin komunikasi yang baik antara alumni dan pengurus.

"Kami sebagai alumni sepenuhnya mendukung setiap program yang dibuat Jimdy, pengurus juga diminta jangan segan menghubungi alumni apabila memerlukan bantuan konsultasi dan arahan dalam melaksanakan program kerja ke depan," ujar Wali Nagari Muaro Sopan ini.***