BPJS Akan Berlakukan Pendaftaran "Drop-Box" di Dharmasraya

id BPJS

BPJS Akan Berlakukan Pendaftaran "Drop-Box" di Dharmasraya

( )

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan kantor layanan operasional Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat akan memberlakukan layanan pendaftaran kepesertaan melalui mekanisme "drop-box" yang disediakan di 11 Kecamatan daerah itu.

"Mekanisme drop-box merupakan upaya untuk mendekatkan titik layanan pendaftaran BPJS kepada masyarakat," kata Kepala BPJS Kantor Layanan Operasional Kabupaten Dharmasraya, Riko Hariono Saputra di Pulau Punjung, Minggu.

Ia menjelaskan teknis pelaksanaan layanan pendaftaran secara "drop-box" tersebut akan segera dibahas bersama jajaran camat dan Sekretariat Daerah Dharmasraya. Diharapkan pertengahan Agustus 2017 sudah dapat diterapkan.

Ia mengatakan sistem drop-box memungkinkan warga atau calon peserta dari pelosok nagari (desa adat) atau kecamatan di Dharmasraya tidak perlu jauh-jauh datang kantor BPJS yang berada ibu kota kabupaten.

Sebaliknya, mereka cukup mendaftar di kecamatan dengan memasukkan berkas dan formulir pendaftaran kepesertaan di kotak layanan (drop box) yang telah disediakan.

"Dari kecamatan nanti setiap tanggal 10 atau setiap sudah ada berkas nanti kami dihubungi, kami ambil berkas itu di Kecamatan. Lalu, setelah di masukkan (entry) datanya terus nomor virtual account (VA) akan dikirim melalui SMS. VA itu digunakan untuk rekening pembayaran," jelasnya.

Setelah pembayaran dilakukan kartu dilakukan pencetakan, yang kemudian dikirim melalui alamat yang tercantum waktu mengisi formulir pendaftaran, tambahnya.

Efektivitas layanan tersebut diharapkan mampu mendorong masyarakat, khususnya segmen pekerja bukan penerima upah (PBPU) maupun bukan pekerja (BP) untuk mendaftarkan diri dan anggota keluarganya sebagai peserta BPJS, kata dia.

Selain dropbox, ia menambahkan beberapa fasilitas pendaftaran dapat dimanfaatkan masyarakat, seperti melalui website resmi BPJS, aplikasi BPJS mobile, dan melalui telepon di 15004000, atau langsung ke kantor Layanan Operasional di Pulau Punjung.

Data kepesertaan BPJS daerah itu hingga Juni 2017 sudah mencapai 128.123 atau 62,8 persen dari total jumlah penduduk 204.104 jiwa, lanjutnya. (*)

C