Penjualan Tiket Libur Lebaran Pantai Carocok-Mandeh Sumbang PAD Rp466,5 Juta

id Dasrianto Putra, PAD, Pantai Carocok, Kawasan mandeh

Penjualan Tiket Libur Lebaran Pantai Carocok-Mandeh Sumbang PAD Rp466,5 Juta

Kepala Badan Pendapatan Pesisir Selatan, Dasrianto Putra (ANTARA SUMBAR/Didi Someldi Putra)

Painan, (Antara Sumbar) - Penjualan tiket masuk ke Objek Wisata Pantai Carocok Painan dan Kawasan Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, sejak hari pertama libur Lebaran 2017 hingga Minggu (2/7) menyumbang pendapatan asli daerah sebesar RP466,5 juta.

"Di Pantai Carocok Painan tiket yang terjual 85.700 lembar dan di Kawasan Mandeh 7.600 lembar. Per tiket dijual seharga Rp5.000," kata Kepala Badan Pendapatan Pesisir Selatan, Dasrianto Putra, di Painan, Senin.

Ia memperkirakan penjualan karcis akan terus meningkat karena informasi dari petugas penjual tiket di lapangan kedua objek wisata tersebut masih dikunjungi wisatawan hingga hari ini.

Selain Pantai Carocok Painan dan Kawasan Mandeh, beberapa objek wisata lain diperkirakan juga akan menyumbangkan PAD walaupun tidak sebesar kedua objek wisata tersebut seperti di Pasir Putih Kambang, Pantai Sumedang, Pantai Air Haji dan Pantai Batu Kalang.

Menurutnya, sesuai kesepakatan setiap lembar karcis yang terjual di objek tersebut akan disumbangkan sebesar 10 persen ke PAD kabupaten itu.

Selain telah diatur dalam perda, katanya, hal tersebut juga disepakati antara pengelola, kepolisian, dan instansi terkait.

Namun pihaknya belum bisa memastikan berapa besaran rupiah yang akan didapat karena masih menunggu laporan dari pengelola.

Terpisah, Ketua Panitia Hiburan Pantai Sumedang, Wandi membenarkan acara hiburan yang diketuainya berlangsung setelah ada kerjasama dengan Badan Pendapatan Pesisir Selatan dan kepolisian.

"Alhamdulillah berkat kerja sama dengan Badan Pendapatan Pesisir Selatan dan kepolisian acara yang kami selenggarakan berlangsung lancar," katanya.

Ia menyebutkan jumlah wisatawan terbanyak mengunjungi Pantai Sumedang berlangsung pada Kamis (29/6) bahkan mencapai 5.300 orang.

Sebagai magnet penarik wisatawan panitia menyediakan aneka permainan seperti perahu wisata, komedi putar dan lainnya. Selain itu setiap harinya juga ada hiburan dari artis ibukota.

Ia menyebutkan untuk bisa menikmati hiburan tarik suara dari artis ibukota dan menikmati keindahan Pantai Sumedang wisatawan cukup dengan Rp10 ribu untuk membeli tiket masuk per orangnya sementara khusus anak-anak gratis. (*)