Polisi: Arus Balik Melalui Kelok 44 Terpantau Normal

id Kelok 44

Polisi: Arus Balik Melalui Kelok 44 Terpantau Normal

Jalan Kelok 44. (Antara)

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Arus balik Lebaran 2017 yang melalui jalur Kelok 44 Kabupaten Agam, Sumatera Barat, pada Minggu (2/7) terpantau normal, belum ada peningkatan jumlah kendaraan yang menyebabkan kemacetan.

Kasat Lantas Polres Agam, Iptu Julisman di Lubukbasung, Minggu, mengatakan arus balik yang melalui Kelok 44 masih terpantau lancar dan aman.

Ia mengatakan khusus di Kelok 13 pihaknya menerapkan sistem buka tutup akibat badan jalan ada yang amblas beberapa hari lalu setelah curah hujan cukup tinggi melanda daerah itu.

"Sistem buka tutup dilakukan untuk mengatasi kemacetan karena jalan yang dapat dilalui berukuran kecil pascaterbannya sebagian badan jalan," katanya.

Petugas juga disiagakan di Kelok 13 itu dari anggota Satuan Lantas Polres Agam sehingga dapat mengatur lalu lintas ketika ada peningkatan arus kendaraan.

Dengan cara ini arus lalu lintas di Kelok 13 tetap lancar dan pengendara nyaman saat melalui daerah itu karena tidak ada yang terjebak macet.

Pemkab Agan sendiri telah menyiagakan sejumlah alat berat dan peralatan yang dibutuhkan, seperti mobil derek serta mendirikan tiga posko di sepanjang jalur Kelok 44.

Polres Agam juga menempatkan satu personelnya pada setiap bengkolan untuk mengatur arus lalu lintas.

Kendaraan yang sudah tua dan diperkirakan tidak kuat melewati tanjakan dan medan berat tersebut dianjurkan melewati jalan alternatif agar tidak mogok yang dapat mengakibatkan kemacetan.

Jalur alternatif dari Bukittinggi menuju Padangpariaman bisa melalui Kecamatan Malalak, dan Bukittinggi menuju Pasaman Barat melalui Kecamatan Palembayan, katanya. (*)