Arus Lalu Lintas Padang-Bukittinggi Terpantau Ramai dan Lancar

id Jalur padang

Arus Lalu Lintas Padang-Bukittinggi Terpantau Ramai dan Lancar

Ilustrasi.

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Arus lalu lintas yang menghubungkan Kota Padang dengan Bukittinggi tempatnya di Padang Lua, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, dalam keadaan ramai dan lancar pada H+5 Lebaran 1438 Hijriyah atau Sabtu (1/7).

"Kondisi ini sudah terjadi pada Jumat (30/6) sampai Sabtu (1/7) pagi," kata Kepala Dinas Perhubungan Agam, Budi Perwira Negara di Lubukbasung, Sabtu.

Pada umumnya, kendaraan yang melewati daerah itu berasal dari luar Sumbar, karena terlihat dari nomor polisi kendaraan itu.

Ia memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada Sabtu (1/7) sore sampai Minggu (2/7).

Untuk mengantisipasi kemacetan, Pemkab Agam telah mendirikan poskotis di Padang Lua. Di pokostis itu, jumlah anggota kepolisian, Perhubungan, Satpol PP-Damkar dan lainnya yang dilibatkan sekitar puluhan orang.

"Anggota ini akan mengatur lalu lintas sehingga kemacetan bisa diatasi," katanya.

Selain itu, Pemkab Agam menyediakan 12 jalur alternatif yakni dari Bukittinggi menuju Padang melalui Kecamatan Malalak, jalan alternatif Maninjau menuju Padang Panjang melalui Sungai Tanang dan Sungai Landia Kecamatan Banuhampu.

Lalu jalan alternatif Padang menuju Maninjau melalui Sungai Landia dan Sungai Tanang Kecamatan Banuhampu, jalan alternatif Padang menuju Payakumbuh melalui Kecamatan Sungaipua dan Canduang.

Sementara jalan alternatif Payakumbuh menuju Padang melalui Kecamatan Canduang dan Sungaipua, jalan alternatif Payakumbuh menunju Batusangkar Kabupaten Tanahdatar melalui Sungai Sariak dan Koto Tinggi Kecamatan Baso.

Sedangkan jalan alternatif Payakumbuh menuju Batusangkar Kabupaten Tanahdatar melalui Sungai Sariak, Koto Tinggi Kecamatan Baso, jalan alternatif Medan Provinsi Sumatera Utara menuju Payakumbuh dan Pakanbaru Provinsi Riau melalui Gaduik Kecamatan Tilatangkamang, Tanjuang Alam Kecamatan Ampekangkek dan Canduang.

Selain itu, jalan alternatif Maninjau menuju Bukittinggi melalui Fanta, jalan alternatif Bukittinggi menuju Pasaman melalui Kecamatan Matur, Palembayan dan Padang Koto Gadang, jalan alternatif Matur menuju Bukittinggi melalui Sitingkai Kecamatan Palupuh, jalan alternatif Pasaman menuju Bukittinggi melalui Padang Koto Gadang, Palembayan dan Matur.

"Jalan alternatif ini kita pasang petunjuk jalan agar pengendara tidak kesulitan melalui daerah itu," katanya

Pada arus mudik, jalan alternatif ini ramai dilalui kendaraan. (*)