"Rest Area" Jadi Tempat Favorit Persinggahan Pemudik

id rest area

"Rest Area" Jadi Tempat Favorit Persinggahan Pemudik

Rest Area yang berada di perbatasan antara Kabupaten Pesisir Selatan dengan Kota Padang, Sumatera Barat (Pratiwi Tamela/AntaraSumbar)

Painan, 30/6 (Antara) - Ratusan pemudik menyinggahi "rest area" yang berada di perbatasan antara Kabupaten Pesisir Selatan dengan Kota Padang, Sumatera Barat untuk beristirahat setelah menempuh perjalanan dari kampung halaman.

"Tahun lalu juga berhenti di sini untuk beristirahat, karena dari atas menara rest area ini dapat melihat keindahan laut," kata salah seorang pemudik dari Riau Bakri (50) di Painan, Jumat.

Ia mengatakan, memanfaatkan rest area yang tersedia untuk beristirahat lebih baik daripada berhenti di pinggir jalan, karena dapat mengganggu kenyamanan pengendara lain yang akan melewati jalan tersebut.

Pemudik lainnya, Refita (35) mengatakan mengaku setiap pulang kampung selalu beristirahat di area itu, karena memiliki suasana yang sejuk meskipun cuaca dalam keadaan panas.

Menurutnya, fasilitas rest area masih ada yang perlu dibenahi seperti masih banyak pemudik atau pengendara lainnya yang meletakkan motor tidak di tempat parkir yang telah disediakan.

Sementara salah seorang pedagang di lokasi itu Vera mengatakan "rest area" tersebut selalu dimanfaatkan oleh pengendara untuk beristirahat, bukan hanya di saat suasana Lebaran namun termasuk di hari lain.

"Di hari lain, seperti Sabtu dan Minggu juga selalu ramai, karena sebagian besar pengendara pulang berwisata dari Pesisir Selatan," ujarnya.

Rest area ini terletak sekitar 50 kilometer dari Painan dan sekitar 25 kilometer dari kota Padang. Selain dijadikan tempat beristirahat bagi pengunjung, juga dimanfaatkan untuk berfoto.

Fasilitas yang tersedia di "rest area" itu yakni tempat duduk untuk bersantai, mushalla untuk beribadah, tempat parkir, dan toilet.

Selain itu, juga terdapat sejumlah pedagang makanan dan minuman ringan yang selalu bersedia melayani pengunjung yang haus dan lapar di saat perjalanan.