Tiga Hari Setelah Lebaran Pemudik Masih Berdatangan di BIM

id pemudik

 Tiga Hari Setelah Lebaran Pemudik Masih Berdatangan di BIM

Pemudik tiba di BIM (Antara Sumbar/Iggoy El Fitra)

Padangpariaman, Sumbar (Antara Sumbar) - Memasuki H+3 Idul Fitri 1438 Hijriah pada 29 Juni 2017 arus kedatangan pemudik di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) masih tetap tinggi kendati Lebaran sudah tiga hari berlalu.

"Pada H+3 jumlah kedatangan pemudik mencapai 7.599 orang atau naik 9,51 persen dibandingkan periode yang sama saat 2016 menggunakan 41 penerbangan," kata Humas PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Minangkabau Fendrick Sondra di Padangpariaman, Jumat.

Menurutnya masih tingginya arus mudik di Bandara Internasional Minangkabau karena para pedagang yang berada di rantau banyak yang memilih mudik setelah Lebaran.

"Diperkirakan para pemudik yang baru tiba kemungkinan akan kembali setelah dua sampai tiga minggu di kampung halaman bahkan malah ada yang sampai satu bulan," ujarnya.

Ia menilai fenomena ini menjadi salah satu faktor yang menyebabkan harga tiket bisa bertahan lama di angka yang cukup tinggi karena lambatnya turun permintaan.

Sementara pada H+3 tersebut jumlah pemudik yang berangkat mencapai 6.599 orang atau turun minus 6,08 persen dibandingkan periode yang sama pada 2016 yang saat itu mencapai 7.303 orang.

Lalu pada H+2 atau 28 Juni 2017 jumlah pemudik yang tiba di Bandara Internasional Minangkabau mencapai 6.006 orang atau nail 2,47 persen dibandingkan periode yang sama pada 2016.

Sedangkan jumlah pemudik yang berangkat pada H+2 sebanyal 5.430 penumpang atau turun minus 18,64 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 6.674 orang.

Ia memperkirakan puncak arus balik baru akan terjadi pada H+4 atau 1 Juli 2017 dan H+5 atau 2 Juli 2017.

Untuk memaksimalkan layanan bagi pemudik mulai H-3 disiapkan personel tambahan dari internal untuk pelayanan dan tambahan dari TNI dan Polri untuk membantu pengamanan.

Dari Kepolisian ada tambahan lima personel orang per hari dan TNI AL serta AU tujuh orang per hari, ujarnya.

Ia mengatakan petugas juga akan melakukan pengecekan secara acak terhadap kendaraan yang keluar masuk bandara di pintu parkir, lanjutnya.

Untuk pelayanan parkir kendaraan dan keluar masuk, Bandara Internasional Minangkabau mulai mengoperasikan pintu parkir yang telah selesai pengerjaannya dan penggunaan jalan yang telah diperluas.

Menyambut pemudik Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyiapkan peta destinasi wisata unggulan yang bisa dijadikan rujukan bagi wisatawan dan perantau saat libur lebaran 1438 Hijriah yang dbagikan diterminal kedatangan BIM

"Selain untuk mempromosikan destinasi wisata, ini juga untuk memudahkan wisatawan dan perantau untuk memilih destinasi yang ingin dikunjungi," kata Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Oni Yulfian.