Kapolres Pasaman Barat Turun Langsung Awasi Pulau Panjang-Pulau Pigago

id Kapolres pasaman barat

Kapolres Pasaman Barat Turun Langsung Awasi Pulau Panjang-Pulau Pigago

Kapolres Pasaman Barat, AKBP Iman Pribadi Santoso didampingi Wakapolres, Kompol Sukirman dan para Kasat dan Kasubag Humas, AKP Muzhendra saat memberikan imbauan melalui kapal patroli Satpol Air kepada pengunjung Pulau Panjang dan Pulau Pigago Air Bangis agar berhati-hati melakukan aktifitas dan menjaga keamanan dan ketertiban selama berlibur di dua pulau itu, Rabu (28/6). (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Kepala Kepolisian Resor (Polres) Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), AKBP Iman Pribadi Santoso turun langsung mengawasi objek wisata di Pulau Panjang dan Pulau Pigago Air Bangis saat libur Lebaran, Rabu (28/6).

Pada kesempatan itu, Kapolres memberikan imbauan melalui pengeras suara di kapal patroli agar masyarakat berhati-hati melakukan aktifitas di pulau itu dan bersama menjaga situasi tertib dan aman.

"Kedua pulau itu saat libur Lebaran sangat ramai dikunkungi warga. Apalagi menuju pulau itu menggunakan kapal atau perahu. Kita perlu mengawasinya dan memberikan pengarahan," kata Kepala Polres Pasaman Barat, AKBP Iman Pribadi Santoso didampingi Kepala Sub Bagian Humas, AKP Muzhendra di Simpang Empat, Rabu (28/6) sore.

Ia mengatakan pihaknya juga menekankan kepada pengunjung agar meninggalkan kedua pulau itu setiap harinya pukul 18.00 WIB untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kita akan terus pantau dan mengamankan objek wisata yang ada khususnya di Pulau Panjang dan Pulau Pigago menggukan kapal patroli Satuan Polisi Air," ujarnya.

Kasubag Humas Polres Pasaman Barat, AKP Muzhendra menambahkan untuk lebih meningkatkan pengamanan pengunjung kedua pulau itu maka Satpol Air melakukan terhadap wisatawan yang hendak menuju Pulau Pigago dengan membatasi jumlah pengunjung yang menaiki kapal tujuan pulau tersebut.

"Bagi kapal yang melebihi kapasitas, maka akan ditindak oleh petigas karena kapasitas kapal itu sudah jelas. Jangan coba-coba bahayakan penumpang," katanya.

Pihaknya juga memberi himbauan kepada masyarakat agar waspada memilih kapal yang hendak membawa penumpang.

"Diperkirakan jumlah pengunjung setiap harinya mencapai dua ribu orang. Bahkan jumlah pengunjung diperkirakan akan terus meningkat kedepannya." sebutnya.

Pihaknya tetap memberikan pengawasan, kapal yang melebihi kapasitas akan ditindak, dan penumpangnya dipindahkan ke kapal lain.

Ia menambahkan, kapal yang membawa penumpang ke Pulau Panjang dan Pulau Pigago bermacam ukuran dan kapasitas.

Ada kapal penumpang yang berkapasitas 10-12 orang dan ada juga kapal yang berkapasitas sampai 15 orang sekali bawa.

"Kedua pulau itu menjadi tempat favorit masyarakat saat liburan karena memiliki pantai yang indah," katanya.

Ikut dalam rombongan, Waka Polres, Kompol Sukirman, Kasat Pol Air, AKP Sutarman, Kasat Lantas, Kapolsek Sungai Beremas, AKP Zalkisman, Kasubag Humas, AKP Muzhendra, Kasat Intelkam, Iptu Elvis. (*)