Festival Jadi Andalan Padangpariaman Tarik Wisatawan

id Wakil bupati

Festival Jadi Andalan Padangpariaman Tarik Wisatawan

Wakil Bupati Padangpariaman, Sumatera Barat, Suhatri Bur usai membuka festival di objek wisata Bukit Siriah Mountain Veiw, Nagari Lambeh, Kecamatan Sungai Geringging, Rabu (28/6). Kegiatan tersebut dibuat oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Bukik Siriah Mountain View untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dengan menggelar festival budaya, kesenian tradisional, dan lomba lagu Minang. (Antara Sumbar / Aadiaat M. S.)

Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Bukik Siriah Mountain View, Kecamatan Sungai Geringging, Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dengan menggelar festival budaya, kesenian tradisional, dan lomba lagu Minang.

"Kita apresiasi dan mendukung kegiatan yang merupakan swadaya masyarakat setempat untuk meningkatkan jumlah wisatawan," kata Wakil Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur saat membuka festival di Objek Wisata Bukik Siriah Mountain View, Sungai Geringging, Rabu.

Dukungan tersebut karena dalam upaya mengembangkan wisata dan meningkatkan jumlah kunjungan tidak saja menjadi tanggung jawab pemerintah namun juga masyarakat salah satunya melalui festival, ujar dia.

Ia mengatakan dengan adanya festival tersebut maka objek wisata yang termasuk baru dikembangkan itu dapat dikenal masyarakat luas.

Apalagi destinasi wisata itu berpotensi karena terletak di perbukitan sehingga dari objek wisata itu kita dapat melihat pemandangan seperti Pulau Angso Duo yang terletak di Kota Pariaman.

"Karena potensi tersebut membuat objek wisata itu berada di peringkat ketiga terbaik tingkat kabupaten setelah Nyarai dan Lubuk Bonta," katanya.

Ia mengatakan untuk mendukung pengembangan destinasi wisata itu pihaknya juga akan membangun dan mempelebar jalan menuju objek wisata, wc bertaraf internasional, serta gerbang.

Saat ini pengunjung objek wisata Bukik Siriah Mountain View telah mencapai tujuh ribu kunjungan per bulan dan diharapkan setelah dipromosikan serta ditambahnya beberapa fasilitas maka akan menambah jumlah wisatawan.

"Saya berharap dengan bertambahnya jumlah wisatawan maka pendapatan setempat juga meningkat," kata dia.

Sementara itu, Ketua Pokdarwis Bukik Siriah Mountain View, Asril Wandi mengatakan festival tersebut merupakan salah satu kegiatan untuk memperkenalkan objek wisata kepada masyarakat.

Ia menyebutkan festival tersebut diselenggarakan selama lima hari, mulai dari Rabu (28/6) sampai Minggu (1/7) yang diisi dengan berbagai kegiatan.

Adapun jenis kegiatan tersebut yaitu silek, tari gelombang gandang tasa, serta lomba lagu Minang.

"Untuk lomba lagu Minang boleh diikuti oleh daerah lain dan pendaftaraanya mulai dari sekarang sampai Sabtu nanti," ujarnya.

Sedangkan untuk mengunjungi objek wisata itu pihaknya tidak meminta uang kepada wisatawan karena masih dalam tahap pengenalan.

Ia menyatakan diadakannya festival tersebut juga untuk menunjukkan bahwa masyarakat di daerah itu tengah bersiap guna menjadikan nagari itu menjadi desa wisata. (*)