Padang Pusatkan Shalat Id di Imam Bonjol

id Shalat Id

Padang Pusatkan Shalat Id di Imam Bonjol

Ribuan Warga Padati Lapangan Imam Bonjol, Padang, Minggu guna melaksanakan Shalat Idul Fitri 1438 Hijriah. Kegiatan Ini Dimotori Pemerintah Kota Padang. (ANTARA SUMBAR/M R Denya Utama) .

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat, memusatkan shalat berjamaah Idul Fitri 1438 Hijriah di Lapangan Imam Bonjol, Minggu.

Berdasarkan pantauan, lebih dari seribu orang mengikuti shalat yang juga dihadiri Wali Kota, Wakil Wali Kota, dan Ketua DPRD Kota Padang tersebut.

Dalam sambutannya sebelum shalat Id, Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Padang Japeri mengatakan pemusatan shalat Id di Lapangan Imam Bonjol merupakan kegiatan rutin pemerintah sejak 2014.

Selain shalat Idul Fitri, pemusatan di Lapangan Imam Bonjol juga dilakukan untuk shalat Idul Adha.

Akan tetapi, hal tersebut dilakukan saat cuaca cerah. Jika tidak memungkinan di tempat itu, akan dipindahkan ke Masjid Agung Nurul Iman.

"Ini perjanjian dengan PHBI Sumbar, PHBI Padang berjalan mandiri," katanya.

Dia mengatakan di samping pemusatan di Lapangan Imam Bonjol, PHBI juga menggelar shalat di 11 kecamatan dengan pimpinannya masing-masing, seperti di Kecamatan Padang Barat di parkiran Gor Agud Salim, Kuranji di Baitul Makmur, Padang Utara di UNP, Nanggalo di Masjid Munawarrah.

"Atas nama Pemerintah Kota padang dan Kementerian Agama selamat Idul Fitri," ujarnya.

Khatib shalat Idul Fitri di lokasi tersebut, Sobhan Lubis, mengajak umat untuk meningkatkan silaturahim pada momentum Idul Fitri.

Ia mengatakan tidak peduli beragam organisasi atau perbedaan lainnya, menjunjung rasa persaudaraan dan ukhuwah Islamiyah hal yang terpenting.

Kekuatan itu, kata dia, akan dapat memperkuat persatuan dan kesatuan yang berujung pada penguatan bangsa dan negara.

"Silaturahim kunci kehidupan kita di dunia ini sesuai surah An Nisa ayat 1," katanya. (*)