Pemkab Jamin Objek Wisata Di Pesisir Selatan Bebas Gangguan Anjing Liar

id Pantai carocok

Pemkab Jamin Objek Wisata Di Pesisir Selatan Bebas Gangguan Anjing Liar

Pantai Carocok Painan ( )

Painan, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat memastikan objek wisata andalan pada daerah setempat terbebas dari anjing liar sehingga tidak mengganggu aktivitas wisatawan.

"Sesuai rencana pada 22 dan 23 Juni 2017 kami akan memulai proses eliminasi di beberapa objek wisata diantaranya Pantai Carocok Painan, Kawasan Mandeh dan Pasir Putih Kambang," Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pesisir Selatan, Hazrita menanggapi keluhan wisatawan adanya gangguan hewan liar du tempat wisata, di Painan, Kamis.

Ia menambahkan pada aksi tersebut pihaknya akan menerjunkan tim yang berjumlah 10 orang seterusnya menebar 80 umpan dan ditargetkan 80 persen dari umpan tersebut mampu mengeliminasi anjing liar.

Menurutnya proses eliminasi dilakukan tidak hanya pada saat masuknya libur lebaran namun juga dilakukan pada even lainnya baik berskala kabupaten, provinsi hingga nasional.

Namun kata dia, agar tidak terjadi kesalahpahaman saat proses eliminasi pihaknya terlebih dahulu membicarakannya baik dengan pemilik anjing, aparatur nagari (desa adat) dan pihak terkait lainnya.

Ia mengajak kepada pemilik anjing, agar anjing peliharaan mereka tidak dikategorikan anjing liar maka sebaiknya dibuatkan kandang ataupun diikat.

Selain tidak mengganggu masyarakat ataupun wisatawan, kegiatan tersebut juga sebagai upaya meminimalkan anjing terinfeksi virus rabies yang sangat berbahaya bagi manusia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan, Zefnihan memperkirakan pada libur lebaran Idul Fitri 1438 Hijriyah sebanyak 30 sampai 50 ribu orang akan mengunjungi beberapa objek wisata di daerah itu per harinya.

Selain mengandalkan Pantai Carocok Painan, Kawasan Mandeh juga akan menjadi magnet bagi wisatawan, selain itu juga terdapat objek wisata lain seperti Jembatan Akar, Bayang Sani, Rest Area Sibingke, Pantai Pasir Putih Kambang dan lain-lain.

Demi kenyamanan wisatawan pihaknya menyediakan nomor telepon khusus yang bisa digunakan untuk menyampaikan kritikan dan juga saran.

"Silahkan hubungi nomor 085358828011, akan segera kami tindaklanjuti," katanya. (*)