Sepekan Jelang Lebaran, Arus Kedatangan Pemudik di BIM Mulai Meningkat

id Arus, Mudik, BIM, Sumbar

Sejumlah pemudik beraktivitas di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padangpariaman, Sumatera Barat, Senin (19/6). Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, sebanyak 379 penerbangan tambahan (ekstra flight) diadakan oleh sejumlah maskapai, mulai H-11 hingga H+ 15 dengan jumlah kursi 2.844 tempat duduk setiap hari. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/ama/17)

Padangpariaman, (Antara Sumbar) - Arus kedatangan pemudik di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Padangpariaman, Sumatera Barat, sepekan menjelang Idul Fitri 1438 Hijriah mulai mengalami peningkatan.

"Sejak 15 Juni hingga 18 Juni 2017 jumlah penumpang yang tiba di BIM telah mencapai 23.957 orang atau naik 12 persen dibandingkan periode yang sama pada 2016," kata Airport Duty Officer Bandara Internasional Minangkabau Suparman di Padangpariaman, Senin.

Menurut dia kedatangan 23.958 pemudik tersebut menggunakan 149 penerbangan dan yang terpadat terjadi pada H-7 atau 18 Juni 2017 yang mencapai 43 penerbangan.

Ia memperkirakan puncak kedatangan arus pemudik di Bandara Internasional Minangkabau akan terjadi pada H-2 atau 23 Juni 2017
"Untuk penerbangan esktra pada tahun ini disediakan sebanyak 379 dengan jumlah kursi yang tersedia sebanyak 79.868 penumpang," kata dia.

"Kami memastikan semua fasilitas bandara telah siap melayani pemudik serta menyiapkan personel yang memiliki kemampuan khusus terkait pelayanan dan operasional bandara menyambut arus mudik yang aktif 24 jam," lanjut dia.

Ia menyampaikan untuk memberikan rasa aman pada penumpang mulai hari ini PT Angkasa Pura II membentuk posko keamanan dan bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan baik pihak kesehatan, polisi dan maskapai.

Kepada pemudik yang baru datang ia mengingatkan agar menggunakan angkutan resmi bandara baik taksi, bus dan jangan menumpang angkutan yang tidak jelas guna menghindari tindak kejahatan.

Terkait dengan kondisi cuaca ia mengatakan pihak Bandara senantiasa berkoordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika untuk mendapatkan informasi cuaca terbaru.

Sementara Distrik Sales Manager Citilink Padang Sugiarto mengatakan pihaknya menyiapkan penerbangan tambahan untuk rute Jakarta-Padang mulai 16 Juni sampai 2 Juli 2017 dengan jam keberangkatan pada 11.00 WIB.

"Semua pesawat juga telah mengalami pemeriksaan yang lebih baik dan dipastikan laik terbang," ujar dia. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar