Kilas Olahraga Sepekan Dunia 11-16 Juni

id olahraga

Ilustrasi (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Kilas Olahraga sepekan dimulai dari kemenangan Pebalap Italia Andrea Dovizioso mengalahkan jagoan-jagoan tuan rumah untuk menjuarai MotoGP Grand Prix Catalunya di Barcelona pada Minggu (11/6) dan merayakan kemenangan keduanya secara beruntun bagi tim Ducati.

Kemenangannya di Circuit de Catalunya, Barcelona, terjadi sepekan setelah kemenangannya di kandang sendiri di Mugello, membuat Dovizioso kini hanya terpaut tujuh angka di belakang pemimpin klasemen Maverick Vinales dari tim Yamaha, yang pada balapan itu finis di urutan ke-10.

Dari Seoul, Tim Sepak bola Inggris memenangi Piala Dunia U-20, gelar dunia pertama negara itu di semua level sejak 1966, setelah gol Dominic Calvert-Levin pada menit ke-35 mengamankan kemenangan 1-0 mereka atas Venezuela pada Minggu.

Beberapa jam kemudian dari Montreal Kanada, Lewis Hamilton memenangi Grand Prix Kanada untuk keenam kalinya pada Minggu, dan tahun ketiga secara beruntun, untuk memangkas keunggulan Sebastian Vettel menjadi 12 angka dan membawa juara Formula 1 Mercedes kembali ke podium.

Pebalap Britania itu memimpin dari start sampai finis, setelah mengamankan posisi start terdepan di Sirkuit Gilles Villeneuve untuk keenam kalinya, untuk mengukir kemenangan ke-56nya di Grand Prix dan kemenangan ketiga musim ini.

Sehari berikutnya Senin (12/6) dari Beijing melaporkan, Mantan pelatih tim nasional Inggris dan Rusia, Fabio Capello, menandatangani kontrak kerja selama 18 bulan bersama klub Jiangsu Suning dengan nilai 10 juta Euro per tahun.

Sedangkan dari ranah NBA tepatnya di Oakland, AS, Pebasker Golden State Warrioris Kevin Durant membawa timnya meraih cincin NBA sekaligus juga terpilih sebagai pemain terbaik (Most Valuable Player) Final NBA.

Durant, dalam musim pertamanya bersama Warriors, memimpin jalan dalam meraih kemenangan 4-1 atas Cleveland Cavaliers untuk meraih gelar NBA pertamanya dan yang kedua bagi tim dalam tiga musim terakhir

Pemain asal Amerika Serikat berusia 28 tahun itu rata-rata mencetak 35,2 angka, 8,4 "rebound", dan 5,4 "assist" dalam final "best-of-seven", yang diselesaikan Warriors dalam lima game.

Beralih ke Sleman DIY , tim Sepak Bola Nasional Indonesia gagal meraih kemenangan dan hanya ditahan imbang 0-0 oleh Tim Nasional Puerto Rico dalam pertandingan persahabatan internasional di Stadion Internasional Maguwoharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (13/6) malam.

Tampil dengan formasi pemain kombinasi usia di bawah 22 tahun ditambah lima pemain senior, Timnas Indonesia banyak menciptakan peluang emas, baik pada babak pertama maupun babak ke dua.

Pekan ini juga menjadi ajang pembuktian pebulutangkis dunia khususnya Indonesia dalam turnamen kejuaraan Indonesia Terbuka 2017. Sayangnya Indonesia harus kehilangan ganda Campuran Praveen Jordan dan Debby Susanto yang takluk di babak awal. Nasib itu juga diikuti oleh ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon tumbang pada laga pertama setelah takluk dari pasangan Denmark dalam pertandingan yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Rabu (14/6).

"Kami bermain tidak nyaman, hembusan angin susah dikendalikan. Tapi, kami memang tidak bisa menjadikan hal itu sebagai alasan," kata Marcus selepas pertandingan.

Kevin/Marcus kalah dari pasangan Negeri Skandinavia Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen dalam dua game langsung 16-21, 16-21 selama 34 menit permainan.

Kabar gembira juga datang pekan ini seteleh pebalap Indonesia Sean Gelael dipastikan kembali turun untuk mencoba kendaraan Formula 1 milik tim Toro Rosso karena telah ditetapkan sebagai pebalap penguji tim yang satu grup dengan Redbull itu.

Tim Toro Rosso melalui akun media sosial twitternya @ToroRossoSpy menginformasikan bahwa pebalap berusia 20 tahun ini telah melakukan "seat fitting" di markasnya di Faenza, Italia, Rabu.

Kembali ke dalam negeri, Tim nasional U-16 Indonesia berhasil menaklukkan Myanmar dengan skor 4-1 pada laga perdananya di turnamen invitasi "Vietnam International U-15 Football 2017" di Vietnam, Rabu (14/6).

Keempat gol Indonesia dicetak oleh Rendy Juliansyah, Brilyan Negieta, Andre Oktaviansyah dan Hamsah Lestaluhu.
Pekan ini juga membawa berita yang mengejutkan khususnya bagi pecinta klub asal Italia AC Milan setelah kiper belia Gianluigi Donnarumma mengejutkan pihak klub dengan menolak kontrak baru yang disodorkan juara liga champions tujuh kali tersebut

Donnarumma direkrut tim junior Milan pada 2013 sebelum melakukan debutnya untuk tim senior pada 2015 sebagai pemain 16 tahun. Ia kemudian menjadi pilihan pertama di klub, mencatatkan 68 penampilan pada dua musim terakhir.

Kontrak pemain 18 tahun itu akan habis pada tahun depan dan keputusannya untuk menolak kontrak baru diambil pada Kamis, setelah pembicaraan-pembicaraan antara sang pemain, agennya Mino Raiola, dan klub.

Kejutan lain datang dari Lisbon Portugal ketika penyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo menyatakan ingin meninggalkan klub dan Spanyol setelah dituding melakukan penghindaran pajak di negara itu, demikian dilaporkan harian olahraga Portugal A Bola pada Jumat.

Surat kabar itu mengatakan berita ini berdasarkan sumber-sumber terpercaya dan peraih empat penghargaan Pemain Terbaik Dunia itu telah memikirkan untuk meminta klub agar namanya diletakkan dalam daftar transfer.

Mereka mengatakan bahwa Ronaldo "sangat kecewa" dengan tudingan-tudingan terhadap dirinya.

Para jaksa Spanyol telah mengajukan gugatan hukum terhadap sang pemain yang menuding dirinya menghindari otoritas pajak senilai 14,7 juta euro, dengan menyembunyikan pemasukan dari hak-hak gambar dirinya antara 2011 dan 2014. Ronaldo telah membantah dirinya melakukan pelanggaran.

Kembali ke Liga Indonesia Suporter Persib Bandung dilarang menggunakan atribut pada tiga pertandingan Persib ke depan oleh Komisi Disiplin Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (Komdis PSSI).

Keputusan itu diambil oleh Komdis PSSI setelah pada sidang yang diadakan di Yogyakarta, Selasa (13/6), para pendukung Persib dinyatakan terbukti masuk ke lapangan dan menyalakan suar atau flare saat menyaksikan pertandingan Bhayangkara FC versus Persib Bandung, Minggu (4/6), di Stadion Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat.

Selain itu, dalam pernyataan resmi PSSI yang diterima di Jakarta, Jumat, Persib Bandung juga didenda Rp45 juta untuk alasan serupa.

Di sisi lain klub Semen Padang akan meliburkan pemainnya hingga usai hari raya Idul Fitri 1438 Hijriyah.

Pada Gelaran Kejuaraan Indonesia Terbuka 2017 Indonesia hanya menyisakan tiga wakil di semi final, ketiga wakil itu yakni ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Ganda Putri Anggia Shita/Ni Ketut dan Ganda Campuran peraih Medali Emas Olimpiade 2016 Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir.

Ketiganya akan bertanding pada Sabtu (17/6) di Jakarta. (*)
Pewarta :
Editor: M R Denya
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar