Jaga Kamtibmas Ramadhan, Polres Pasaman Giatkan Program Zuhur Berjamaah

id Kamtibmas, Ramadhan, Zuhur Berjamaah

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat menggiatkan program Shalat Zuhur Berjamaah bersama masyarakat untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat selama Ramadhan.

"Program tersebut merupakan inisiatif langsung oleh Polres Pasaman guna mengamankan segala hal yang dapat mengganggu dan merusak kenyamanan selama menjalankan ibadah puasa," kata Kapolres setempat, AKBP Reko Indro Sasongko di Lubuk Sikaping Kamis.

Ia menambahkan program Shalat Zuhur Berjamaah tersebut sudah dimulai sejak awal Ramadhan. Program tersebut dilaksanakan secara serentak oleh seluruh satuan dan tingkatan polisi.

Dalam menjalankan program tersebut, ujarnya anggota polisi berbaur langsung bersama masyarakat di setiap mesjid yang dikunjungi.

Selain itu, pihak kepolisian setempat juga menyampaikan beberapa poin kepada para masyarakat.

Beberapa poin tersebut diantaranya menolak dan mewaspadai adanya paham radikal yang bertentangan dengan Undang-Undang dan Pancasila, kedua larangan bermain petasan atau mercon.

"Dari beberapa masjid yang telah dikunjungi, memang belum ada ditemui tanda-tanda kelompok radikalisme," ujarnya.

Pihaknya menegaskan bahwa kelompok radikalisme atau paham yang berlawanan dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sangat rentan masuk melalui sektor agama.

Oleh karena itu, pihaknya meminta masyarakat, tokoh agama, adat dan pemangku kepentingan dapat meminimalisasi persoalan tersebut khususnya di wilayah hukum polres setempat.

Sementara itu, Afzal (56) salah seorang warga setempat mengapresiasi program yang dilaksanakan oleh pihak kepolisian dalam menekan gangguan Kamtibmas.

"Salah satu tugas polisi adalah menjaga keamanan dan ketertiban umum, namun Polres Pasaman melakukan terobosan yang berbeda menyelinginya dengan basis keagamaan sehingga dapat diterima oleh masyarakat," ujar dia. (*)