Pemkab Agam Dirikan Tujuh Poskotis Lebaran

id Poskotis Lebaran, Agam

Pemkab Agam Dirikan Tujuh Poskotis Lebaran

Sejumlah pemudik melintasi pos pengamanan Operasi Ketupat di Jalan By Pass - Lubuk Begalung Padang. (ANTARA SUMBAR/ Syafril)

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mendirikan tujuh pos taktis atau poskotis di sepanjang jalan dan tempat keramaian di daerah itu pada Operasi Ramadniya 2017.

Kepala Dinas Perhubungan Agam, Budi Perwira Negara di Lubukbasung, Rabu, mengatakan, ketujuh poskostis selama operasi yang akan berlangsung pada 19 Juni sampai 4 Juli 2017, yakni Padang Lua Kecamatan Banuhampu, Tanjuang Alam Kecamatan Ampekangkek dan Kecamatan Baso.

Lalu Simpang Gudang Kecamatan Lubukbasung, Kelok 1 Kecamatan Tanjungraya, Kelok 32 dan Kelok 44 Kecamatan Matur.

"Lokasi ini berdasarkan hasil kunjungan lapangan dan dalam waktu dekat pos ini akan didirikan," katanya.

Menurut dia, lokasi pos ini sangat strategis karena berada di daerah rawan macet saat arus mudik dan balik. Dengan kondisi ini, petugas kepolisian, TNI, Perhubungan dan Satpol PP Damkar Agam akan lebih mudah mengatur lalu lintas sehingga macet bisa diatasi.

"Kami juga membuat 12 jalur alternatif menuju Bukittinggi, karena lokasi itu kita petakan sebagai daerah rawan macet saat mudik dan balik," katanya.

Dalam pengamanan arus mudik dan balik, pihaknya telah melakukan koordinasi dan pertemuan dengan Polres Bukittinggi dan Polres Agam.

Koordinasi dengan dua Polres ini dilakukan mengingat Agam berada di wilayah Polres Agam dan Polres Bukittinggi.

Agam barat dengan enam kecamatan yakni, Kecamatan Lubukbasung, Tanjungmutiara, Tanjungraya, Palembayan, Ampeknagari dan Matur berada di wilayah hukum Polres Agam.

Sedangkan Agam timur dengan 10 kecamatan yakni, Kecamatan Ampekkoto, Malalak, Sungaipua, Banuhampu, Canduang, Tilatangkamang, Baso, Kamangmagek, Palupuh dan Ampekangkek berada di wilayah hukum Polres Bukittinggi.

"Jumlah anggota perhubungan yang dilibatkan pada pengamanan ini 40 orang," katanya.

Kapolres Agam AKBP Ferry Suwandi menambahkan, pada mudik dan balik pada tahun ini pihaknya memfokuskan pengamanan lalu lintas di Kelok 44.

"Di daerah itu kita mendirikan tiga Poskotis dalam mengantisipasi macet akibat jalan itu kecil dan memiliki belokan yang banyak," katanya. (*)