Minang Mart Hadir di Pasaman Barat Bantu Petani

id Minang Mart, Pasaman Barat

Minang Mart Hadir di Pasaman Barat Bantu Petani

Sekda Pasaman Barat, Manus Handri menggunting pita tanda dimulainya operasional Minang Mart di Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang Pasaman Barat. (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Kehadiran Minang Mart di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) dinilai bisa membantu petani lokal memasarkan produknya selain di pasar tradisional yang ada.

"Tentu kehadiran Minang Mart di Ujung Gading Pasaman Barat akan menghidupkan ekonomi masyarakat," kata Sekretaris Daerah Pasaman Barat, Manus Handri usai meresmikan Minang Mart Rabu.

Ia mengatakan kehadiran Minang Mart di Pasaman Barat akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat dan membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat setempat.

"Ini bisa menjadi pendorong kemajuan ekonomi masyarakat dan akan menyerap tenaga kerja lokal," katanya.

Menurutnya, Minang Mart secara konsep menjadikan produk UMKM sebagai produk yang akan dijual dan diedarkan.

Di Minang Mart nantinya juga akan sangat membantu petani lokal dalam distribusi hasil pertanian di daerah setempat dengan harga jual yang relatif terjamin.

"Petani lokal bisa menjual langsung hasil kebunnya di Minang Mart. Secara langsung kesejahteraan petani juga akan meningkat," ujarnya.

Ia menyebutkan kehadiran Minang Mart di Pasaman Barat hendaknya dengan konsep dan inovasi yang besar. Sehingga apa yang menjadi tujuan dari pengoperasian Minang Mart di Pasaman Barat dapat berjalan sesuai rencana.

Selain itu sesuai program yang diluncurkan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, Minang Mart sebagai upaya untuk melakukan intervensi harga pasar dalam rangka antisipasi monopoli harga barang di pasar.

"Harga kebutuhan di Minang Mart tentunya harus sama dengan harga di pasar. Selain itu juga bisa mengintervensi harga pasar," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, untuk menjalankan program Minang Mart, Pemprov Sumbar menunjuk tiga BUMD untuk bersinergi, mereka adalah Bank Nagari sebagai penyalur modal, Jamkrida sebagai penjamin dan PT Grafika Jaya Sumbar sebagai pengelola Minang Mart.

Untuk memasok barang, PT Grafika Jaya Sumbar sendiri akan bekerja sama dengan Transmart dengan cara membeli langsung kebutuhan-kebutuhan harian seperti produk-produk pertanian langsung kepada para petani sehingga didapatkan harga yang lebih murah. (*)