Kemenpar Luncurkan Branding Baru 10 Destinasi Pariwisata

id Kemenpar, Branding, Destinasi, Wisata

Jakarta, (Antara Sumbar) - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) meluncurkan branding baru 10 destinasi pariwisata untuk mendukung brand Wonderful Indonesia di kancah internasional.

Menteri Pariwisata Republik Indonesia diwakili Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara (Deputi BP3M) Kemenpar, I Gde Pitana meluncurkan The 10 Destination Brandings untuk mendukung brand Wonderful Indonesia di kancah internasional, yang berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Rabu.

Kesepuluh destinasi pariwisata dengan branding baru tersebut adalah Bandung (Jawa Barat), Great Bali, Great Jakarta, Great Kepri, Joglosemar (Jogja-Solo-Semarang), Coral Wonders (Wakatobi-Bunaken-Raja Ampat), Medan, Makassar, Lombok, dan Banyuwangi.

Penyusunan dan peluncuran branding terhadap 10 destinasi pariwisata tersebut adalah sebagai upaya penyelarasan master-brand (Wonderful Indonesia) dengan sub-brand (branding destinasi) sehingga memperkuat positioning dari master-brand Wonderful Indonesia.

Hal ini sekaligus upaya menciptakan sinergi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk mempromosikan pariwisata Indonesia di kancah internasional.

Deputi BP3M, I Gede Pitana mengatakan untuk meningkatkan pemahaman branding tersebut kepada seluruh pemangku kepentingan, tentu perlu diberikan penjelasan lebih lanjut, agar tercipta sinergi antara pusat dan daerah terkait memajukan pariwisata.

"Kesiapan 10 destinasi pariwisata tersebut telah memenuhi unsur 3A (Atraksi, Aksesibilitas, dan Amenitas), dan paling siap sehingga akan mempermudah untuk dibranding dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia yang tahun ini ditargetkan sebesar 15 juta dan ditingkatkan menjadi 20 juta pada 2019," jelas Pitana.

Ia mengatakan pihaknya sangat konsisten mendukung daerah untuk tampil dalam berbagai kegiatan promosi di mancanegara dengan master brand Wonderful Indonesia.

"Saya paham, bukan hanya Pak Presiden Jokowi yang galau memikirkan national brand, tetapi banyak pemimpin dunia yang galau memikirkan hal seperti ini," katanya.

Sementara itu Asdep Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar Noviendi Makalam mengatakan, keistimewaan daya tarik pariwisata di 10 destinasi utama, saat ini dapat dilihat pada pameran bersamaan dengan acara launching bertempat di lobby lantai 1 Gedung Sapta Pesona.

Dalam kesempatan itu, pada booth-booth setiap destinasi akan memperlihatkan dan memperkenalkan branding destinasi dan cara pengaplikasiannya.

"Putri Pariwisata berada di setiap booth, siap menjelaskan dan membantu pengunjung yang ingin mencari tahu mengenai filosofi 10 branding baru destinasi itu. Serta memberikan kesempatan kepada perwakilan daerah untuk menunjukkan keistimewaan dari daerahnya masing-masing melalui booth yang ada," kata Noviendi.

Acara peluncuran the 10 destination brandings pariwisata Indonesia dimeriahkan dengan pertunjukan kesenian dalam kemasan cultural wonders dengan menampilkan tari tradisional, fesyen show, pertunjukkan musik oleh Band Kamila, serta alunan musik daerah yang dipersembahkan oleh Andien. (*)