Wakapolri Imbau Masyarakat Waspadai Tindak Kejahatan Jelang Lebaran

id Wakapolri, Komjen Pol Syafruddin, Tindak Kejahatan, Lebaran

Wakapolri Imbau Masyarakat Waspadai Tindak Kejahatan Jelang Lebaran

Wakapolri Komjen Pol Syafruddin bercengkrama dengan Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizl dalam kegiatan Safari Ramadhan Wakapolri di Kota Padang, Selasa (13/6). Wakapolri mengajak masyarakat dan petuga kepolisian waspada terhadap tindak pidana menjelang lebaran (ANTARA SUMBAR / Mario Sofia Nasution)

Padang, (Antara Sumbar) - Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia Komjen Pol Syafruddin mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap tindak kejahatan, yang cenderung meningkat menjelang perayaan Idul Fitri.

"Meningkatnya kebutuhan menjelang Lebaran, sehingga digunakan oleh oknum-oknum tertentu untuk melakukan kejahatan," katanya ketika Safari Ramadhan di Padang, Selasa.

Ia juga berupaya melakukan pencegahan terjadinya tindak kejahatan terhadap masyarakat dalam perayaan Idul Fitri.

Ia mengatakan hal ini menjadi tugas penting bagi pihak kepolisian dalam mencegah terjadinya hal itu menjelang perayaan Idul Fitri 1438 Hijirah.

"Kami meminta petugas bisa mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan mejelang lebaran semaksimal mungkin," kata dia.

Menurut dia antisipasi itu dilakukan ketika arus mudik sedang berlangsung sehingga pengamanan terus ditingkatkan.

Ia menyebutkan tindak pidana perampokan menggunakan senjata api yang terjadi di Jakarta dan Tanggerang, Provinsi Banten seharusnya menjadi pembelajaran bagi petugas kepolisian dan masyarakat.

Terkait peredaran senjata api, dirinya menduga senjata itu berasal dari pabrik yang dulunya ada di Provinsi Palembang dan Lampung.

"Namun kami telah melakukan razia besar-besaran terhadap kedua pabrik yang berada di Lampung dan Palembang," ujarnya.

"Mungkin bisa saja senjata itu berasal dari sisa-sisa pabrik yang telah ditutup atau kemungkinan masuk dari luar negeri," katanya.