Rektor: MTQ Diharapkan Lahirkan Kader dari Mahasiswa

id UIN, MTQ,

Padang, (Antara Sumbar) - Rektor Universitas Islam Negeri Imam Bonjol (UIN IB) Padang, Sumatera Barat, Eka Putra Wirman mengharapkan dari rangkaian kegiatan MTQ yang dilaksanakan oleh Komando Distrik Militer (Kodim) 0312 Padang bekerja sama dengan UIN IB dapat melahirkan kader baru dari kalangan mahasiswa.

"Dari kegiatan ini tentunya kita berharap akan lahir kader-kader baru dari bidang Musabaqah Tilawatil Quran serta bidang-bidang lain yang akan dilaksanakan," katanya dalam pembukaan rangkaian kegiatan MTQ di kampus UIN IB Padang, Senin.

Ia mengatakan dalam rangkaian acara kali ini terdapat empat cabang lomba yang terdiri dari lomba MTQ, Musabaqah Hifzil Quran (MHQ), hadrah atau nasyid serta paduan suara.

Menurutnya peserta kali ini adalah mahasiswa yang berasal dari seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta dari wilayah Sumbar bagian selatan.

"Setelah perlombaan ini diharapkan akan lahir kader-kader baru yang selanjutnya bisa dikembangkan untuk berkiprah di tingkat yang lebih tinggi," ujarnya.

Selain itu, ia juga mengharapkan agar MTQ maupun MHQ akan menjadi semacam kebutuhan bagi mahasiswa serta dalam mewujudkan kampus yang islami di Sumbar.

Sementara itu Komandan Kodim 0312 Padang, Letkol Kav Eryzal Satria mengatakan selain dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadan kegiatan ini juga dilakukan untuk mencari bibit dari peserta yang mengikuti lomba.

Ia mengatakan setiap pemenang dari lomba ini selanjutnya akan dikirim ke Kodam dan di Kodam nantinya juga akan diseleksi untuk dikirim ke Mabes TNI.

"Nantinya tidak akan tertutup kemungkinan bahwa hal ini juga akan diperlombakan di Mabes TNI," katanya.

Ia menambahkan kegiatan ini nantinya direncanakan akan menjadi agenda tahunan yang bertepatan dengan bulan suci ramadan dan akan kembali menggandeng perguruan tinggi untuk pelaksanaanya.

"Atas petunjuk Danrem hal ini kemungkinan akan dijadikan agenda tahunan, dan akan kembali melibatkan seluruh perguruan tinggi yang ada di Sumbar," katanya. (*)