Bukittinggi Siap Dikunjungi pada Libur Lebaran

id TMSBK, Bukittinggi, Libur, Lebaran

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Bukittinggi, Erwin Umar. (ANTARA SUMBAR/ Ira Febrianti)

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, siap menyambut libur Lebaran dan telah menjadwalkan piket bagi aparatur sipil negara setempat di objek wisata saat libur Idul Fitri 1438 Hijriah.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga setempat, Erwin Umar di Bukittinggi, Jumat mengatakan hal itu dilakukan untuk menjaga pelayanan bagi para wisatawan yang datang berkunjung.

"Saat libur apalagi libur lebaran, kondisi di objek wisata selalu lebih ramai dari biasanya. Kami berlakukan piket bagi pegawai untuk mendukung keamanan dan pelayanan tetap terjaga," katanya.

Ia menerangkan di objek wisata Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) ditugaskan sebanyak 50 orang pegawai selama libur lebaran.

TMSBK termasuk objek wisata yang sering ramai dikunjungi dan menjadi penyumbang pendapatan asli daerah (PAD) terbesar dari retribusi pariwisata sehingga lebih banyak yang ditugaskan piket di sana.

Selain itu, di dalam kawasan TMSBK masih ada dua objek wisata berbayar lain yaitu akuarium dan rumah adat baanjuang.

Selanjutnya sebanyak 20 pegawai akan ditugaskan piket di objek wisata Taman Panorama dan Lobang Jepang pada libur lebaran mendatang.

"50 orang yang bertugas di TMSBK sudah dibuatkan surat keputusannya (SK). Sementara 20 orang di Taman Panorama masih kami persiapkan," ujarnya.

Di samping persiapan dukungan pelayanan wisatawan, ia menyebutkan pemerintah juga membenahi beberapa objek di lokasi wisata seperti memangkas ranting pohon agar nanti tidak membahayakan wisatawan dan pembersihan fasilitas yang sudah ada.

"Bukittinggi siap menyambut wisatawan yang akan melewatkan libur lebaran di sini. Bersama perangkat daerah lain kami akan lakukan persiapan untuk ciptakan kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar