Solok Selatan Sudah Salurkan ADD Rp11,8 Miliar

id Alokasi Dana Desa, Solok Selatan, Sumatera Barat

Solok Selatan Sudah Salurkan ADD Rp11,8 Miliar

Ilustrasi - Dana Desa.

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat sudah menyalurkan Alokasi Dana Sesa (ADD) sebesar Rp11,8 miliar untuk 22 nagari (desa adat) yang telah selesai dilakukan evaluasi terhadap Anggaran Pendapatan Belanja (APB) Nagari.

"Solok Selatan memiliki 39 Nagari dan lebih dari separuh atau 22 Nagari sudah disalurkan ADD nya dengan nilai Rp11,8 miliar sedangkan sisanya masih tahap perbaikan APB, " kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa/Nagari Solok Selatan, Basrial di Padang Aro, Kamis.

Yang sedang memperbaiki APB, sebutnya ada 16 nagari serta satu lagi yaitu Nagari Sungai Kunyit Barat belum menyerahkan APB sama sekali.

"Kita harapkan pihak nagari bisa bekerja cepat dan secepatnya mengembalikan perbaikan APB sehingga proses pengiriman ADD juga bisa segera dilakukan," katanya.

Untuk Nagari Sungai Kunyit Barat, pihaknya sudah menyurati maupun mengingatkan secara lisan tetapi APB belum juga diserahkan.

Sekarang, sebutnya bagi nagari yang telah selesai APB nya bisa lansung dikirimkan ADD tanpa harus menunggu Nagari lain.

Sedangkan untuk tahap dua, katanya bila lebih dari 30 persen nagari belum menyerahkan laporan tahap I maka ADD akan ditangguhkan.

"Bila hanya satu Nagari yang terlambat tidak akan berpengaruh terhadap ADD tahap II justru mereka sendiri yang rugi," katanya.

Tahun ini, ADD Solok Selatan sebesar Rp51,035 miliar dan Dana Desa (DD) Rp35,426 miliar yang dibagi untuk 39 nagari.

Sedangkan untuk tahap I ADD yang harus disalurkan sebesar Rp21,255 miliar bagi 39 Nagari.

Sebelumnya Wali Nagari Sungai Kunyit Barat, Yanuari mengatakan, pihaknya masih melakukan pembahasan APB.

"Penyusunan APB kami masih 70 persen dan bila sudah selesai akan langsung diserahkan," katanya. (*)