PKB Ajak Bangsa Indonesia Bumikan Pancasila

id Muhaimin Iskandar

PKB Ajak Bangsa Indonesia Bumikan Pancasila

Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar. (Antara)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk terus meningkatkan pemahamannya terhadap nilai-nilai luhur Pancasila dan membumikannya melalui perilaku sehari-hari yang Pancasilais.

"Pancasila yang digali oleh Proklamator Indonesia Soekarno telah terbukti merekatkan bangsa Indonesia yang heterogen dalam bingkai NKRI," kata Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, di sela kegiatan "Launching PKB Movie Award 2017", di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarata, Kamis.

Hadir pada kegiatan Launching PKB Movie Award antara lain, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Tenaga dan Transmigrasi Hanif Dakhiri, Sekjen PKB Abdul Kadir Karding, dan Ketua Fraksi PKB DPR RI Ida Fauziah.

Menurut Muhaimin, pada momentum peringatan Hari Lahirnya Pancasila ini, PKB mendorong agar bangsa Indonesia dapat terus meningkatkan pemahamannya terhadap nilai-nilai luhur Pancasila yang universal dan membumikannya melalui perlaku sehari-hari yang Pancasilais.

"Nilai-nilai luhur Pancasila yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari maka menjadikan bangsa Indonesia hidup rukun, damai, teleran, gotong-royong, dan saling menghargai adanya perbedaan," tuturnya.

Cak Imim sapaan karib Muhaimin melihat, pada proses pelaksanaan pilkada serentak, muncul ucapan dan pernyataan yang saling sindir maupun mengumpat melalui viral di media sosial.

Mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi ini mengingatkan bangsa Indonesia untuk terus meningkatkan pemahaman soal nilai-nilai luhur Pancasila, sehingga dapat menghindari perilaku negatif yang tidak Pancasilais.

"Melalui momentum peringatan Hari Lahirnya Pancasila, mulai hari ini dan seterusnya agar bangsa Indonesia berperilaku sebagai Pancasilais sejati," ucapnya.

Muhaimin juga mengingatkan elemen masyarakat, agar tidak mempolitisasi Pancasila, yang dapat mendikotomi masyarakat.

Menurut dia, mempolitisasi Pancasila adalah dengan memusuhi kelompok masyarakat yang dinilai tidak sepaham dengan tuduhan tidak Pancasialis.

Dia menjelaskan, membumikan Pancasila melalui perilaku sehari-hari adalah proses menuju masa depan Indonesia yang damai dan sejahtera.

"Proses ini akan menunjukkan indikator keberhasilan atau tidak," katanya.

Melalui peringatan Hari Lahirnya Pancasila pada 1 Juni 2017, PKB juga melakukan kegiatan nyata membumikan Pancasila melalui lomba pembuatan film pendek dengan, dengan tema "Pancasila rumah kita".

Lomba film pendek berdurasi selama 10 hingga 15 menit tersebut, diserahkan ke panitia paling lembat pada akhir Juni 2017.

Hasilnya akan diumumkan pada puncak acara pemberian penghargaan pada 17 Agustus 2017. (*)