Peringkat UN SMP Pasaman Barat 2017 Membaik

id UN, SMP, Pasaman Barat

Ujian Nasional.

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Hasil ujian nasional (UN) tingkat sekolah menengah pertama di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, pada 2017 mulai membaik dibandingkan 2016.

Kepala Dinas Pendidikan Pasaman Barat Irwan di Simpang Empat, Kamis, mengatakan jika pada 2016 Pasaman Barat berada di peringkat 17 dari 19 kabupaten/kota se-Sumbar maka pada 2017 Pasaman Barat berada pada peringkat 14.

"Benar, kami bersyukur peringkat Pasaman Barat mulai membaik. Ini usaha bersama, mudah-mudahan ke depan lebih baik," katanya.

Ia mengatakan peringkat tersebut diketahui setelah ada pengumuman resmi dari Dinas Pendidikan Sumbar beberapa waktu lalu.

Setelah ada pengumuman itu, Dinas Pendidikan Pasaman Barat langsung memberitahukan kepada jajaran serta Unit Pelaksana Teknis Kegiatan 11 Kecamatan yang ada.

"Ini kerja keras dan prestasi kita semua, Kita juga ucapkan teri­ma­kasih kepala seluruh elemen masyarakat yang turut mendukung suksesnya pelak­sanaan UN SMP ini sehingga membuahkan hasil yang membanggakan," katanya.

Sementara itu Kepala Bidang Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Pasaman Barat, Zulkarnain menambahkan Pasaman Barat berada di atas Padang Pariaman, Kabupaten Pasaman, Solok Selatan dan Pesisir Selatan.

"Kami cukup berbangga dengan hasil ini. Apalagi secara kuantitas Pasaman Barat berada di peringkat kedua terbanyak peserta UN SMP setelah kota Padang. Jadi wajar kami mendapatkan urutan 14," katanya.

Ia menyebutkan pihaknya tidak terlalu menargetkan peringkat tetapi yang difokuskan adalah kualitas dari pendidikan itu sendiri.

"Intinya kami ingin melakukan perbaikan kualitas dari peserta didik. Selain itu juga meningkatkan kualitas pengajar dan meningkatkan sarana prasarana," ujarnya.

Pada UN SMP pada 2017 peserta UN se-Pasaman Barat mencapai 8.701 orang yang tersebar di 266 SD.

"Ini prestasi yang cukup baik dan membanggakan. Apalagi sejak empat tahun terakhir Pasaman Batat selalu berada pada peringkat 17 dan 18," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar