Agam Sediakan 2.400 Paket Sembako Warga Miskin

id Paket Sembako, Agam

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menyediakan 2.400 paket sembako yang akan diberikan kepada masyarakat kategori ekonomi lemah di delapan kecamatan di daerah itu saat Ramadhan 1438 Hijriyah.

Sekretaris Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Agam, Adrinal di Lubukbasung, Selasa, mengatakan paket yang berisi sirup, tepung, gula pasir, kacang dan lainnya ini diserahkan kepada masyarakat ekonomi lemah yang tersebar di Kecamatan Tanjungmutiara, Sungaipua, Matur, Ampeknagari, Tilatangkamang, Ampekangkek, Kamangmagek, dan Banuhampu.

Masing-masing kecamatan akan mendapatkan sebanyak 300 paket dan masyarakat yang mendapatkan paket ini merupakan usulan dari nagari, katanya.

Ia merinci, pendistribusian paket ini akan dilakukan di kantor camat dan wali nagari pada 5 sampai 15 Juni 2017.

Setiap paket, tambah dia, senilai Rp125.000 dan masyarakat hanya menebus sebesar Rp50.000 per paket. Sementara Rp75.000 merupakan subsidi dari Pemkab Agam.

Dana subsidi sebesar Rp180 juta telah dianggarkan pada anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2017.

"Dana ini telah kita anggarkan pada APBD Agam 2017," katanya.

Selain menyediakan 2.400 paket sembako, Pemkab Agam juga melakukan bazar bahan kebutuhan pokok. Bazar ini diadakan oleh Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam.

Ia menambahkan, penyerahan sembako dan bazar ini merupakan program tahunan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Agam, saat Ramadhan dengan tujuan untuk membantu masyarakat ekonomi lemah dan menstabilkan harga saat Ramadhan dan jelang Lebaran.

"Ini bentuk kepedulian Pemkab Agam kepada masyarakat ekonomi lemah di Kabupaten Agam. Kita juga melakukan operasi pasar untuk produk pemerintah seperti, beras, gula, tepung dan lainnya apabila harga mengalami kenaikan yang cukup tinggi," tambahnya. (*)