Banyak Dicari, Harga Buah-buahan Naik di Pasbar

id Buah-buahan, Pasaman Barat

Banyak Dicari, Harga Buah-buahan Naik di Pasbar

Sejumlah pedagang membeli buah-buahan disalah satu warung di Pasaman Barat. Harga buah mengalami kenaikan pada hari keempat Ramadhan 1438 Hijriah. (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Harga buah-buahan pada hari keempat Ramadhan 1438 Hijriah di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), Selasa mengalami kenaikan dibandingkan sebelumnya.

"Benar, harga naik karena permintaan meningkat. Tentu kami sebagai pedagang senang dan bisa menambah pendapatan," kata salah seorang pedagang buah-buahan di Batang Toman, Kecamatan Pasaman, Pasaman Barat, Emi (40).

Harga buah-buahan yang mengalami kenaikan adalah harga buah naga dari Rp30.000 naik menjadi Rp35.000 perkilogram, buah pir dari Rp30.000 menjadi Rp35.000 perkilogram dan buah anggur dari Rp80.000 naik menjadi Rp100.000 perkilogram.

Selain itu buah apel dari Rp35.000 menjadi Rp40.000 perkilogram dan buah pokat dari Rp13.000 menjadi Rp15.000 perkilogram.

"Rata-rata harga buah-buahan naik sekitar Rp5.000 setiap kilogrmanya," tambahnya.

Menurutnya penjualan buah-buahan meningkat tajam pada awal Ramadhan ini. Pedagang mengaku kewalahan mencari ketersediaan buah terutama jenis buah impor seperti anggur dan apel.

"Setiap sore hari warung kami selalu dipenuhi pembeli untuk berbuka puasa nantinya. Tentunya bulan puasa ini membawa berkah," ujarnya.

Pedagang lainnya, Rudi (36) mengemukakan meningkatnya permintaan masyarakat itu lumrah terjadi saat Ramadhan sampai lebaran.

Meningkatnya harga buah-buahan itu secara otomatis berpengaruh terhadap harga jual buah-buahan. Rata setiap jenis buah mengalami kenaikan sekitar Rp5.000 per kilogramnya.

Salah seorang warga, Rini (29) mengharapkan pedagang tidak seenaknya menaikkan harga buah-buahan.

"Saat ini harga buah naik masih dalam kewajaran. Tentunya jangan hendaknya memberatkan masyarakat," katanya. (*)