Masjid Berperan Penting Didik Generasi Muda Sumbar

id Remaja masjid

Masjid Berperan Penting Didik Generasi Muda Sumbar

Remaja masjid. (c)

Padang, (Antara Sumbar) - Masjid di Sumatera Barat (Sumbar) tidak hanya terbatas sebagai tempat beribadah, tetapi juga berperan penting dalam mendidik generasi muda agar memiliki mental unggul dan beretika.

"Peran ini penting untuk dikembangkan terutama untuk membentengi generasi muda dari pengaruh negatif globalisasi informasi yang terjadi saat ini," kata Kepala Dinas Sosial Sumbar Abdul Gafar.

Ia menyampaikankan hal itu sebagai Ketua tim Safari Ramadhan Gubernur Sumbar yang mengunjungi salah satu masjid di Padang, Senin (29/5) malam.

Selain itu, peran dan pengawasan orang tua dan keluarga menurut dia juga sangat penting, karena itu peran keduanya harus bisa diselaraskan agar generasi muda Sumbar tumbuh menjadi pribadi yang unggul, sehat, cerdas dan beretika, terbebas dari hal-hal yang merusak diri dan di lingkungannya.

Ia menyebutkan hal itu sesuai pula dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Sumbar 2016-2021, dengan visi Terwujudnya Sumatera Barat yang adil, sejahtera dan madani.

"Kesejahteraan masyarakat yang madani hanya bisa terwujud dengan peran serta masyarakat, salah satunya melalui pendidikan akhlak di masjid," tambahnya.

Pada kesempatan itu ia juga menyampaikan maaf Gubernur Sumbar Irwan Prayitno yang belum bisa datang bersama Tim Safari Ramadhan Sumbar, karena sedang memimpin delegasi investor daerah itu ke Belanda.

Meski demikian, ia menyampaikan ajakan gubernur pada masyarakat agar mendukung penuh program pembangunan daerah yang sedang dilaksanakan.

Tim juga menyerahkan bantuan uang pembangunan masjid sebesar Rp20 juta.

Sementara itu Ketua masjid Raya Marhamah, Kalumbuk Kota Padang, Burhasman Bur menyambut positif perhatian pemerintah terhadap pendidikan keagamaan dalam masyarakat terutama selama Ramadhan.

"Bantuan dana ini tentu akan memberikan semangat bagi masyarakat untuk terus membangun aktifitas masjid sebagai upaya meningkatkan benteng iman dan taqwa, terutama bagi generasi muda," katanya.

Masjid dalam budaya Minangkabau bukan hanya tempat untuk beribadah, tetapi juga sebagai tempat membangun mental dan spiritual generasi muda. Bahkan, sesuai kebiasaaan, anak laki-laki yang sudah mulai besar, tidak lagi tidur di rumah, tetapi di masjid atau mushalla.

Selain belajar keagamaan, selama di masjid mereka juga ditempa dengan kemampuan bela diri. (*)