Padangpariaman Jaga Semangat Harkitnas dengan Pemerataan TI

id Teknologi Informasi

Padangpariaman Jaga Semangat Harkitnas dengan Pemerataan TI

Akses informasi melalui internet. (Antara)

Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat, akan menjaga semangat Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-109 tahun dengan berupaya melakukan pemerataan jaringan Teknologi Informasi (TI) di semua nagari (desa adat) di daerah itu.

"Saat ini nagari yang sudah terhubung dengan jaringan internet melalui operator Telkom baru sekitar 20 dari 103 nagari di daerah itu," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Padangpariaman, Jonpriadi usai Upacara Harkitnas ke-109 di Parit Malintang, Senin.

Ia menerangkan pemerintah daerah sedang berupaya keras agar semua nagari itu bisa mengakses informasi melalui internet agar bisa dengan mudah dijangkau masyarakat.

Jika masyarakat di daerah itu sudah menguasai teknologi informasi maka semua kegiatan pemerintah dan peristiwa yang terjadi akan dapat diketahui dengan cepat oleh warga.

"Semangat untuk menyediakan jaringan internet ke semua nagari inilah yang sedang fokus diupayakan pemerintah daerah," kata dia.

Apabila hal ini sudah terwujud maka masyarakat akan bisa belajar banyak hal melalui internet sesuai profesinya. Petani bisa mencari informasi cara bercocok tanam yang baik, budidaya perikanan, peternakan dengan menggunakan komputer atau telepon genggam.

Bagi pemerintahan nagari bisa melaporkan sistem keuangan desa atau nagari dengan baik, dan para siswa juga bisa mencari bahan tugas sekolah, ini sebagai bukti bahwa teknologi informasi mulai tidak asing di mata masyarakat.

General Manager Wilayah Telkom Sumbar, Darmawi di Parit Malintang, mengatakan pihaknya akan membantu Pemerintah Padangpariaman agar seluruh nagari di daerah itu terhubung internet.

"Kami juga menawarkan berbagai aplikasi agar seluruh kabupaten dan kota di Sumbar bisa mewujudkan Smart City atau kota pintar," kata dia. (*)