155 Calon Haji Kabupaten Solok Lunasi BPIH

id BPIH

155 Calon Haji Kabupaten Solok Lunasi BPIH

Biaya perjalanan ibadah haji (BPIH). (cc)

Arosuka, (Antara Sumbar) - Sebanyak 155 Calon Haji (CH) asal Kabupaten Solok, Sumatera Barat, sudah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) tahap I untuk pemberangkatan haji 2017.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) setempat, Suharmen di Arosuka, Kamis, mengatakan calon haji itu saat ini sedang melaksanakan manasik di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Sumbar.

Ia menyebutkan sesuai Keputusan Presiden (Kepres) No.8 tahun 2017 biaya perjalanan haji tahun ini untuk Sumatera Barat sebesar Rp32.840.450 per orang.

Sedangkan pelunasan biaya perjalanan haji tahap II akan dimulai pada 10 hingga 31 Mei 2017. Calon haji agar bersiap melakukan pelunasan tahap II ini agar proses selanjutnya bisa dilaksanakan dengan baik.

Untuk pemberangkatan jamaah secara nasional dimulai pada 28 Juli 2017, sehingga pada 27 Juli calon haji sudah mulai memasuki asrama.

Untuk persiapan itu paspor para calon haji juga telah diserahkan ke Kemenag Sumbar untuk selanjutnya dibawa ke Jakarta dalam pengurusan visa Arab Saudi.

Terkait calon haji lanjut usia (lansia) kata dia, telah diusulkan sebanyak 13 orang namun hingga sekarang belum ada keputusan apakah bisa diberangkatkan tahun ini, dan 9 orang masuk jamaah cadangan.

"Kalau keputusannya telah diterima, maka calon haji lansia ini akan diberitahukan untuk melengkapi administrasi dan pelunasan biaya," ujarnya.

Kemudian ada kabar baik dengan penambahan jatah haji secara nasional sebanyak 10 ribu orang pada tahun ini. Hal tersebut juga ditambah dengan pengembalian kuota haji menjadi 100 persen.

"Kuota haji Indonesia telah dikembalikan secara penuh, dimana sebelumnya dipotong 20 persen selama empat tahun," ujarnya.

Sedangkan bimbingan haji oleh Kemenag Kabupaten Solok akan diadakan setelah bulan Ramadhan sebanyak 10 kali. Dimana delapan kali akan diadakan di kecamatan dan dua kali di kabupaten.

Hal terakhir yang akan dilakukan calon haji adalah suntik vaksin meningitis untuk menambah daya tahan dan kekebalan. (*)