Gubernur Tantang LPTQ Tingkatkan Prestasi MTQ XXVII

id lptq

Gubernur Tantang LPTQ Tingkatkan Prestasi MTQ XXVII

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengukuhkan Wakil Gubernur Nasrul Abit sebagai ketua Umum LPTQ Sumbar. (Istimewa)

Padang (Antara Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno memberikan tantangan kepada pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) daerah itu untuk meningkatkan prestasi pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional.

"MTQ XXVI di Nusa Tenggara Barat (NTB) Sumbar meraih dua emas, tiga perak. Ke depan harus lebih baik," katanya dihubungi dari Padang, Kamis.

Agar terwujud, LPTQ Sumbar harus membangun sinergitas secara internal dengan semua pihak, kekompakan akan menjadi kekuatan untuk menuntaskan segala persoalan dan juga menjadi semangat untuk meraih prestasi terbaik.

Pemerintah Provinsi Sumbar menurutnya akan mendukung penuh seluruh kegiatan LPTQ, karena merupakan salah satu kegiatan siar agama Islam dan menjadi kewajiban masyarakat Minang.

"Kegiatan LPTQ secara tidak langsung merupakan salah satu implementasi dari filosofi Adat Minangkabau, yakni Adat Basandi Syara, Syara Basandi Kitabullah yang harus didukung," katanya.

Sementara itu Ketua Umum dalam kepengurusan LPTQ Sumbar 2017-2021 yang juga Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengatakan pihaknya akan melakukan pembinaan dan pengembangan tilawah lebih intens lagi agar tercipta banyak kader kafilah.

"Merekalah nanti yang akan mengharumkan nama Sumbar dalam MTQ Nasional," katanya.

Ia optimis, dengan usaha dan dukungan semua pihak, harapan untuk meraih prestasi terbaik bisa terwujud.

LPTQ merupakan lembaga independen dalam menentukan pilihan pembinaan sesuai hasil evaluasi dan penilaian setiap qori- qoriah, hafiz-hafizah.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit dikukuhkan menjadi Ketua Umum LPTQ Sumbar periode 2017-2021, sementara Damri Tanjung sebagai Ketua Harian. *