Festival Qasidah, Padang Anggarkan Rp2 Miliar

id Festival Qasidah, Kota Padang

Festival Qasidah, Padang Anggarkan Rp2 Miliar

Ilustrasi kelompok Qasidah.

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat, menyiapkan anggaran Rp2 miliar untuk menggelar Festival Qasidah atau musik Islam skala nasional pada Oktober 2017.

"Anggaran itu disiapkan terutama untuk membenahi infrastruktur dan faktor pendukung lainnya," kata Sekretaris Daerah Kota Padang Asnel di Padang, Kamis.

Dia menyebutkan salah satu infrastruktur yang dibenahi, yakni Masjid Agung Nurul Iman yang direncanakan menjadi tempat perlombaan yang diselenggarakan pada 18 hingga 24 Oktober 2017.

Di samping itu juga dianggarkan untuk promosi dan sosialisasi kepada masyarakat, selain untuk transportasi, keamanan dan sebagainya.

"Kegiatan lomba musik Islam atau Qasidah ini diprediksi berskala besar karena diikuti perwakilan semua provinsi di Indonesia," ujar dia.

Dari diskusi dengan ketua umum pusat Lembaga Seni Qasidah Indonesia (Lasqi) dalam festival tersebut akan diselenggarakan lomba antara lain qasidah dewasa, qasidah klasik, qasidah kolaborasi dan bintang vokal.

Dia menambahkan meski tidak seperti lomba MTQ nasional dia meyakini masyarakat akan tertarik dan menontonnya.

Dia menyebutkan pembukaan festival ini akan dilaksanakan di Masjid Raya Sumbar yang nantinya juga akan ada pameran seperti kaligrafi.

Selain di Nurul Iman dan Masjid Raya kegiatan ini juga akan dilaksanakan di Taman Budaya.

Dalam hal ini kata dia wali kota berharap lomba ini semakin mengenalkan kepada dunia bahwa Padang kota Islami.

Sementara itu, salah satu anggota qasidah di Kuranji Padang Rozawati berhrap setelah pelaksanaan festival nantinya gaung qasidah lebih terasa di Padang.

Sebab dahulu lagu qasidah ini pernah terkenal di Padang dengan sering terdengar di radio setiap pagi atau malam, saat ini jarang.

Khususnya untuk generasi muda yang lebih memilih lagu lagu pop atau mancanegara. (*)