Kapolres Silaturahim Bersama Masyarakat Sungai Tarab

id Kapolres, Tanah Datar, Silaturahim

Kapolres Silaturahim Bersama Masyarakat Sungai Tarab

Kapolres Tanah Datar, AKBP Bayuaji Yudha Prajas bersama rombongan disambut siriah dalam carano saat kunjungan kerja di Mapolsek Sungai Tarab, Senin (15/5). (ANTARA SUMBAR/Irfan Taufik)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Kepala Kepolisian Resor Tanah Datar, AKBP Bayuaji Yudha Prajas melakukan silaturahim bersama masyarakat Kecamatan Sungai Tarab dengan mengharapkan warga mengaktifkan sistem keamanan lingkungan (siskamling) tempat tinggalnya masing-masing.

"Kegiatan siskamling ini hendaknya melibatkan seluruh komponen masyarakat untuk menjaga keamanan, meminimalisir tindak kriminal sekaligus menciptakan suasana kondusif lingkungan, apalagi menjelang masuk bulan suci Ramadan," katanya Kapolres Bayuaji saat kunjungan kerja di Mapolsek Sungai Tarab, Senin.

Ia menyebutkan program siskamling merupakan upaya mencegah terjadinya konflik di tengah masyarakat sekaligus mempersempit ruang gerak para pelaku tindak kejahatan.

"Menjaga keamanan dan ketertiban merupakan tugas bersama kita, untuk itu masyarakat juga harus meningkatkan kewaspadaan di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing," kata Bayu.

Ia yang baru sebulan menjabat Kapolres Tanah Datar ini mengingatkan masyarakat terutama para orangtua untuk selalu menjaga anak-anaknya tidak terlibat dalam jaringan penyalahgunaan Narkoba, karena sekali masuk akan sulit untuk keluar dari jaringan tersebut.

Pada kesempatan itu, Kapolres juga menyampaikan bahwa saat ini tingkat kecelakaan di Kota Batusangkar dan sekitarnya dengan korban para pelajar dapat ditekan seminimal mungkin bahkan nihil.

"Dengan penyediaan bus sekolah, angka kecelakaan di kalangan pelajar tidak ada atau nihil," katanya.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat Sungai Tarab, Hardi Siswan Datuk Marahbangso mengapresiasi terobosan yang dilakukan Polres Tanah Datar dalam pengoperasian bus sekolah.

Ia mengharapkan Polres dapat menambah bus sekolah dan rute yang dilalui karena masih ada nagari yang belum terjangkau dan disana banyak pelajar yang membutuhkan sarana transportasi ke sekolah.

Pada kunjungan kerja Kapolres tersebut juga hadir Ketua Bhayangkari Tanah Datar Ny. Nila Bayuaji Yudha Prajas, Wakapoles Kompol Hendra Syamri, Kasat Lantas AKP. Yulandi Rusadi, Kasat Intel Iptu. Budi Hendra, Kapolsek Sungai Tarab Iptu. KM Sirait, serta para perwira di lingkungan Polres Tanah Datar, Camat Riswandi, wali nagari, ketua KAN, dan tokoh masyarakat setempat. (*)