Sumbar Data Kegiatan Seni-Budaya Untuk Agenda Wisata

id Oni Yulfian

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian. (Antara Sumbar/Miko Elfisha)

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melakukan pendataan kegiatan seni, budaya dan olahraga yang berpotensi untuk dimasukkan dalam agenda wisata daerah agar lebih mudah untuk dipromosikan.

"Kita koordinasikan dengan kabupaten dan kota untuk pendataan ini agar lebih terukur," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumbar, Oni Yulfian di Padang, Jumat.

Kegiatan yang menunjang wisata daerah itu, nantinya akan dibantu promosinya agar bisa berkembang dan memberikan efek positif bagi masyarakat tempat kegiatan itu berlangsung.

Hanya saja sebagian kegiatan wisata di kabupaten dan kota tersebut, berkaitan dengan momen tertentu, seperti ulang tahun daerah. Padahal, ulang tahun daerah itu memiliki hari jadi yang bersamaan, terutama daerah pemekaran.

Hal itu dikhawatirkan membuat kegiatan wisata potensial rentan dempet antar daerah.

"Kita harus benar-benar memperhatikan ini," katanya.

Acara yang dempet, apalagi dengan kualitas yang sama bagusnya akan membuat masyarakat dan wisatawan jadi terpecah. Hasilnya kegiatan wisata itu bisa tidak maksimal.

Namun untuk tahap awal, ia mengakui belum semua kegiatan wisata yang bisa masuk agenda tersebut karena keterbatasan anggaran yang tersedia di provinsi.

"Setidaknya dua atau tiga kegiatan wisata untuk masing-masing daerah," ujar dia.

Dari kegiatan yang masuk agenda itu, Pemprov Sumbar juga akan memilih dua atau tiga kegiatan untuk diusulkan masuk agenda wisata nasional.

"Sekarang ada tiga kegiatan yang masuk agenda nasional yaitu Tour de Singkarak, Tabuik Pariaman, dan Sawahlunto Internasional Songket Carnival. Ke depan kita harap bisa bertambah," kata dia.

Sumatera Barat memiliki sejumlah kegiatan seni dan budaya yang berpotensi masuk dalam agenda wisata daerah. Kegiatan itu dengan pengelolaan dan promosi yang baik bisa menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk datang.

Selain itu Sumbar juga memiliki keindahan alam luar biasa yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata unggulan. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar