Pemkot Bukittinggi Gelar Lomba Masak Ikan

id masakan serba ikan

Pemkot Bukittinggi Gelar Lomba Masak Ikan

Masakan serba ikan. (Antara)

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), menggelar lomba memasak ikan untuk mendorong peningkatan konsumsi ikan oleh masyarakat di daerah itu.

Ketua Forum Peningkatan Makan Ikan (Forikan) Bukittinggi, Yesi Endriani di Bukittinggi, Jumat, mengatakan lomba yang diikuti kader Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dari 24 kelurahan itu diharapkan tidak sebatas perayaan saja namun peserta harus aktif menyosialisasikan pentingnya konsumsi ikan.

"Resep yang tercipta dari lomba ini nanti akan dibagikan ke lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan posyandu di kelurahan agar dapat menerapkan menu olahan ikan tersebut," katanya.

Selain itu, ia meminta agar setiap kader setiap hari dapat menyajikan menu ikan bagi keluarga dan mengedukasi warga di lingkungan sekitar mengenai manfaat kandungan ikan.

Menurutnya, Bukittinggi merupakan salah satu daerah tujuan pemasaran ikan terbesar di Sumbar sehingga menjadi keuntungan bagi warga setempat tidak kesulitan memperoleh komoditas tersebut.

Ia menyebutkan tingkat konsumsi ikan di daerah itu sudah mencapai 34 kilogram per kapita per tahun namun masih di bawah angka konsumsi ikan di tingkat provinsi yaitu 36 kilogram per kapita per tahun.

Wali Kota setempat, M Ramlan Nurmatias mengatakan untuk mendorong peningkatan konsumsi ikan tidak dapat dilakukan bila hanya melalui perlombaan saja.

"Bagi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, kami minta agar setiap kegiatan yang dilakukan bersama siswa dan orangtua siswa agar dapat melibatkan Forikan sehingga sekaligus dapat menyosialisasikan manfaat makan ikan," katanya.

Lomba memasak ikan yang dilaksanakan tersebut diharapkan dapat memberi informasi mengenai ikan yang dapat diolah dalam beragam menu.

"Untuk ke depan kami harap Forikan melaksanakan kegiatan sejenis di lingkungan yang dekat dengan masyarakat, bukan di halaman kantor pemerintah seperti saat ini sehingga tujuan dari pelaksanaan lomba dapat tercapai," ujarnya. (*)