Pemkab Padangpariaman Fokus Pengembangan 43 Nagari Pemekaran

id Idarussalam

Pemkab Padangpariaman Fokus Pengembangan 43 Nagari Pemekaran

Asisten I Pemerintahan Setda Kabupaten Padangpariaman, Idarussalam. (Antara Sumbar/Aadiyat M Sabir)

Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat, pada 2017 fokus melakukan pengembangan 43 nagari (desa adat) hasil pemekaran melalui pemberdayaan aparatur pemerintah setempat agar dapat berkembang.

"Kita menggiatkan pemberdayaan aparatur dan masyarakatnya dan memfasilitasi nagari untuk memperoleh anggaran yang dibutuhkan," kata Asisten I Pemerintahan Kabupaten Padangpariaman, Idarussalam di Parit Malintang, Jumat.

Ia mengatakan upaya tersebut mengacu kepada rencana pemerintah pusat yang membangun dari desa dengan memberikan perhatian dan anggaran dana yang besar.

Pemberdayaan ini karena nagari pemekaran masih dihadapkan pada permasalahan sumber daya manusia (SDM) sehingga menyulitkan nagari itu untuk berkembang.

"Diharapkan setelah pemberdayaan berupa pelatihan SDM maka nagari dapat memanfaatkan potensi di daerahnya sehingga menjadi sumber pendapatan nagari," katanya.

Pemanfaatan potensi bisa dengan membangun objek wisata seperti yang dilakukan oleh masyarakat Nagari Sikucua Timur, Kecamatan V Koto Kampuang Dalam yang membuat destinasi wisata Pincuran Tujuh.

Selain itu Nagari Sungai Buluh Timur dan Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai yang memanfaatkan hutan lindung sebagai lahan budidaya lebah madu.

"Pemanfaatan potensi untuk memperoleh pendapatan nagari juga diperlukan karena pendapatan juga menjadi permasalahan nagari untuk berkembang," ujarnya.

Ia mengatakan aparatur pemerintah terendah juga harus proaktif untuk mencari bantuan dari tingkat pemerintah kabupaten maupun dari pihak swasta untuk mengembangkan usaha warganya.

"Jadi aparatur pemerintah yang sebelumnya hanya duduk di kantor untuk mengurus surat menyurat sekarang juga harus memikirkan bagaimana warganya terlepas dari kemiskinan," kata dia.

Ia menyebutkan ada 43 nagari pemekaran di Padangpariaman ditambah 60 nagari yang sudah ada sehingga jumlah nagari daerah itu mencapai 103 nagari.

Camat Batang Anai, Suhardi menyebutkan ada empat nagari pemekaran di daerahnya yaitu Sungai Buluh Barat, Sungai Buluh Timur, Sungai Buluh Utara, dan Sungai Buluh Selatan.

"Agar nagari dapat berkembang kami mengarahkan warga memanfaatkan hutan lindung yang pengelolaannya telah diserahkan ke nagari sebagai lahan budi daya lebah madu," ujar dia.

Ia mengatakan dirinya akan berupaya mencarikan dana ke berbagai pihak untuk modal budi daya tersebut.

"Tinggal keseriusan warga nagari untuk terlepas dari kemiskinan," katanya. (*)