PLN: Tidak Ada Pemadaman Listrik Selama Ramadhan

id PLN, Pemadaman, Ramadhan

Padang, (Antara Sumbar) - PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Barat (Sumbar) memastikan tidak ada pemadaman listrik selama Ramadhan di daerah itu.

"Kami jamin tidak ada pemadaman listrik selama Ramadhan, kecuali pemadaman terjadi atas kerusakan yang disebabkan oleh gangguan cuaca seperti hujan, angin kencang disertai petir," kata Deputi Manager Hukum dan Humas PLN Wilayah Sumbar, Remalis di Padang, Rabu.

Ia menyebutkan, pihaknya berupaya untuk menjaga agar tidak ada pemadaman listrik di daerah tersebut, antara lain dengan mengadakan pemeliharaan terhadap jaringan dan juga pembangkit listrik.

"Kami selalu melakukan pemeliharaan setiap tiga bulan sekali pada jaringan dan berkala untuk pembangkit listrik," ujarnya.

Langkah antisipasi tersebut gunanya untuk memperkecil terjadinya pemadaman yang disebabkan kerusakan pada jaringan maupun pembangkit listrik.

Selain itu, untuk menjamin kenyamanan pelanggan selama Ramadhan pihaknya juga melengkapi informasi terkait gangguan teknis yang terjadi ke media massa.

"Kami tidak ingin membuat pelanggan kecewa, maka dari itu kami akan berbuat semaksimal mungkin untuk menjamin ketersediaan listrik tetap aman," katanya.

Sementara itu, ketersediaan listrik Sumbar saat ini bisa dikatakan surplus yakni di angka 610,1 MW.

Sedangkan untuk keperluan selama Ramadhan dari tahun ke tahun Sumbar berkisar 550 MW pada malam hari, sedangkan untuk siang hari diperlukan 430 MW. (*)