KONI : Semua Atlet Sumbar Wajib Ikut Porprov

id KONI, Sumbar, Porprov

Padang, (Antara Sumbar) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Barat (Sumbar) menyatakan semua atlet asal daerah tersebut wajib mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di Padangpariaman 2018.

"Tidak ada lagi pembatasan usia atlet ikut porprov, semua harus bersaing dan unjuk kemampuan," kata Ketua KONI Sumbar, Syaiful di Padang, Selasa.

Dia menyebutkan langkah mewajibkan atlet ikut Porprov ini untuk mengukur kekuatan atlet yang sebenarnya.

Sebab selama ini atlet yang ikut porprov terkesan kurang kompetitif dan atlet yang telah memiliki prestasi tidak berpartisipasi.

"Ini juga sebagai langkah mempromosikan Porprov sebagai ajang olahraga nomor satu di Sumbar," kata dia.

Untuk meningkatkan kompetisi atlet tersebut, ujarnya mulai saat ini diselenggarakan pra-Porprov sebagai seleksi atlet yang layak masuk Porprov.

Dengan adanya kualifikasi menjelang Porprov, kualitas ajang itu lebih meningkat yang dampaknya menarik minat masyarakat menonton.

"Tentu masyarakat ingin menonton sang manusia tercepat Yaspi Boby bertanding di Porprov," sebutnya.

Hal ini, kata dia juga akan menguji konsistensi atlet yang diandalkan provinsi berhadapan atlet baru potensial lainnya.

Dari sini akan terlihat atlet yang dinilai siap tampil di ajang lebih tinggi seperti Pekan Olahraga Nasional atau kejuaraan lainnya.

"Porprov berkualitas juga sebagai gambaran kesiapan Sumbar menjadi tuan rumah PON mendatang," lanjutnya.

Sementara itu salah satu anggota panitia Porprov 2018 Padang Pariaman, Aldi Yunaldi menjelaskan adanya seleksi dan kompetisi terbuka di ajang tersebut memiliki banyak keuntungan.

Salah satunya efektivitas dalam hal pendanaan bagi pemda karena atlet yang masuk terbatas sesuai hasil pra Porprov di kabupaten dan kota.

Bagi tuan rumah juga lebih efisien karena mengurangi anggaran untuk sarana dan sebagainya. (*)