Tekan Penyalahgunaan Narkoba, Agam Gelar Penyuluhan kepada Generasi Muda

id Narkoba, Penyalahgunaan, Agam

Tekan Penyalahgunaan Narkoba, Agam Gelar Penyuluhan kepada Generasi Muda

(ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/kye/16.)

Lubuk Basung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam, Sumatera Barat menggelar penyuluhan penyalah gunaan narkotika dan obat-obatan terlaran (Narkoba) bagi 150 peserta dari generasi muda di daerah itu.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam, Hadi Suryadi di Lubukbasung, Selasa, mengatakan, 150 peserta ini berasal dari utusan siswa SLTP, MTs, generasi muda dari nagari dan kecamatan.

"Masing-masing kecamatan mengutus dua orang dan setiap sekolah satu orang," katanya saat pembukaan penyuluhan penyalahgunaan narkoba di Lubuk Basung, Selasa.

Ia mengatakan, penyuluhan ini diadakan di tiga lokasi. Lokasi pertama di aula Dinas Kesehatan Agam untuk 50 peserta dari Kecamatan Lubukbasung, Ampeknagari, Tanjungraya dan Tanjungmutiara pada Selasa (9/5).

Sementara lokasi kedua di aula Kecamatan Matur untuk 50 peserta dari Kecamatan Matur, Palembayan, Ampekkoto dan Malalak pada Rabu (10/5) dan lokasi ketiga di aula Kecamatan Ampekangkek untuk 50 peserta dari Kecamatan Ampekangkek, Canduang, Sungaipua, Banuhampu, Tilatangkamang, Kamangmagek, Palupuh, dan Baso.

"Narasumber pada kegiatan ini berasal dari Polres Agam, Polres Bukittinggi, Dinas Kesehatan Agam, klinik khusus pelayanan Voluntary Counseling and Testing (VCT) atau layanan konseling dan tes HIV Puskesmas Baso," katanya.

Menurut dia, penyuluhan penyalahgunaan narkoba ini bertujuan agar generasi muda di Agam tidak menjadi korban obat terlarang itu.

Selain itu, mereka sebagai perpanjangan tangan pemkab dalam memberikan sosialisasi bahaya narkoba di sekolah dan tempat tinggal mereka sehingga kasus penyalahgunaan narkoba berkurang di daerah itu.

Saat ini, sekitar 240 warga Agam terlibat penyalahgunaan narkoba.

"Setelah penyuluhan ini, kita akan membentuk forum masyarakat anti narkoba setiap nagari atau desa adat," tegasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria memberikan apresiasi dilaksanakan penyuluhan anti narkoba ini bagi generasi muda.

"Ini dalam rangka membentuk generasi muda yang handal, pemuda yang berkarakter, generasi yang ikut serta mewujudkan Agam berkeadilan, inovatif, sejahtera, agamais dan beradat," katanya yang juga Ketua Badan Narkotika Kabupaten Agam.

Saat itu, Trinda berpesan kepada peserta untuk mengikuti penyuluhan sebaik-baiknya sehingga semua materi yang diterima dapat diterapkan secara komprehensif, menyebar luaskan semua materi kepada teman-teman di lingkungan tempat tinggal, di sekolah dan di nagari. (*)