Legislator Dorong Pemprov Buat Kalender Pariwisata

id Kalender, Wisata, Sumbar

Legislator Dorong Pemprov Buat Kalender Pariwisata

Janjang Koto Gadang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. (FOTO ANTARA/Arif Pribadi)

Padang, (Antara Sumbar) - Kalangan DPRD Sumatera Barat (Sumbar) mendorong pemerintah provinsi (Pemprov) setempat membuat kalender pariwisata agar jadwal kegiatan-kegiatan besar yang menarik pengunjung tidak berbenturan.

Anggota Komisi V DPRD Sumbar, Saidal Masfiyuddin di Padang, Senin, mengatakan Sumbar memiliki festival-festival besar setiap tahunnya, namun rata-rata kegiatan itu tidak terjadwal dengan baik.

Pada 5 sampai 7 Mei 2017 ada dua kegiatan pariwisata besar di Sumbar, yakni Festival Pesona Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan dan Lomba Paralayang di Puncak Lawang, Kabupaten Agam.

"Kegiatan besar dengan jadwal yang sama akan memecah arus kunjungan wisatawan yang hendak datang ke Sumbar sehingga pemasukan sektor ekonomi juga berkurang," katanya.

Ia menjelaskan kegiatan pariwisata hendaknya juga dapat menggerakkan perekonomian daerah dengan pengunjung yang banyak.

"Jika pengunjung banyak maka semakin banyak pula keuntungannya bagi daerah maupun masyarakat di sekitar," ujarnya.

Saidal menilai selama ini koordinasi antara Pemprov melalui dinas pariwisata dan pemerintah kabupaten dan kota masih kurang sehingga kegiatan-kegiatan yang menarik perhatian wisatawan ini masih belum maksimal.

Untuk itu pihaknya meminta ke depan dinas pariwisata diminta berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten dan kota mengenai kegiatan apa saja yang akan dibuat dalam satu tahun kemudian dievalusi.

"Jika ada yang berbenturan maka dinas pariwisata meminta pemerintah kabupaten dan kota untuk mengubah jadwal tersebut," katanya.

Dengan begitu kegiatan pariwisata di Sumbar akan terjadwal dengan baik dan perhatian pengunjung tidak terpecah.

"Kalau perlu kalender itu dipatenkan jadwalnya, jadi tiap tahun masyarakat sudah tahu apa-apa saja kegiatan yang akan diadakan," sebutnya.

Ia menambahkan dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan rapat kerja dengan dinas pariwisata dan juga akan membahas tentang kalender pariwisata ini.

"Kita juga akan sampaikan hal ini secara langsung kepada Dinas Pariwisata Sumbar," jelasnya. (*)