Nagari Padang Gelugur Wakili Pasaman Penilaian Nagari Prestasi Sumbar 2017

id Pasaman, Nagari Berprestasi, Sumbar

Nagari Padang Gelugur Wakili  Pasaman Penilaian Nagari Prestasi Sumbar 2017

Bupati Yusuf Lubis menyerahkan bonus kepada Wali Nagari Padang Gelugur Saharrudin sebagai nagari berprestasi Kabupaten Pasaman 2017. (ANTARA SUMBAR/Riko Saputra)

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Nagari Padang Gelugur, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, mewakili daerah setempat dalam penilaian nagari berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2017.

Bupati Pasaman Yusuf Lubis di Lubuk Sikaping, Senin, mengatakan Nagari Padang Gelugur berhasil sebagai pemenang pertama dalam penilaian nagari berprestasi tingkat Kabupaten Pasaman 2017 sehingga dipilih sebagai wakil daerah itu di tingkat provinsi.

Atas prestasi tersebut, nagari ini berhak membawa bonus uang tunai sebesar Rp20 juta.

Sementara itu, diperingkat kedua dan ketiga, diraih oleh Nagari Aia Manggih Kecamatan Lubuk Sikaping dan Nagari Simpang Tonang Kecamatan Duo Koto.

Untuk melanjutkan keikutsertaannya dalam penilaian tingkat provinsi nanti, nagari ini akan disibukkan melakukan sejumlah pembenahan. Baik persiapan kondisi lapangan maupun data, administrasi dan dokumentasi lainnya.

Yusuf Lubis memberikan apresiasi untuk ketiga nagari itu, khususnya kepada Nagari Padang Gelugur yang dianggap mampu dan berhasil menghantarkan nagari itu untuk kali kedua meraih prestasi sebagai nagari terbaik tingkat kabupaten setempat.

"Selamat untuk Nagari Padanggelugur, Aia Manggih dan Simpang Tonang karena telah unggul dari nagari lain. Menjadi yang terbaik dan berprestasi dari hasil penilaian Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan instansi terkait lainnya," ujarnya.

Ia berharap pembenahan nagari di segala sektor, tidak hanya ketika menghadapi penilaian saja, tetapi dilaksanakan secara rutin, berkelanjutan dan berkesinambungan.

Nagari terbaik, ujarnya yakni nagari yang mampu mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakatnya dan memajukan perekonomian di nagarinya masing-masing.

"Yang dibenahi dan ditata itu tidak saja fisik nagari, tapi juga penyelenggaraan pemerintahan serta kinerja dan administrasi lembaga nagari seperti PKK, KAN, LPMN dan organisasi sosial lainnya," katanya.

Oleh sebab itu, ia meminta peran aktif seluruh masyarakat dalam membangun nagari.

"Karena pembangunan yang dikerjakan tahun ini, akan dinilai tahun depan. Begitu juga tahun berikutnya," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Pasaman M Ikhsan mengatakan penilaian terhadap nagari berprestasi mencakup sejumlah kategori, sesuai Permendagri Nomor 81 tahun 2015, dimana nagari disebutkan mengisi kuisioner potensi desa (nagari).

"Data tersebut dievaluasi di kecamatan dan kabupaten. Hasil evaluasi tersebut akan didapat data tingkat perkembangan desa. Desa yang boleh ikut lomba desa adalah desa berkembang dan kategori desa cepat berkembang, maka itulah yang ditinjau ke lapangan," katanya.

Wali Nagari Padang Gelugur Saharuddin mengatakan salah satu faktor yang mendorong terpilihnya nagarinya itu berprestasi di tahun ini tidak lepas dari dukungan dari seluruh lapisan masyarakat dan instansi terkait lainnya.

"Penilaian nagari ini berdasarkan evaluasi dasar perkembangan nagari, jadi kategori nagari Padang Gelugur termasuk nagari yang cepat berkembang. Seluruh aspek di pemerintahan nagari juga dinilai termasuk masalah budaya," ujarnya.

Ia berharap sebagai wakil Kabupaten Pasaman, Nagari Padang Gelugur dapat juga menjadi pemenang pertama pada lomba Nagari Berprestasi tingkat Sumbar nantinya dan berhak ke tingkat nasional.

"Itu yang kami harapkan. Untuk saat ini, pelayanan kepada masyarakat yang lebih penting. Dalam waktu dekat tim penilai dari provinsi akan datang menilai ke Padang Gelugur untuk tahapan penilaian selanjutnya," katanya. (*)