400 Atlet Sumbar-Riau Ikuti Kejuaraan Tangan Mas

id pencak silat

400 Atlet Sumbar-Riau Ikuti Kejuaraan Tangan Mas

Olahraga pencak silat. (Antara)

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Sebanyak 400 atlet pencak silat asal Provinsi Sumatera Barat dan Riau mengikuti Kejuaraan Tangan Mas di GOR Rang Agam, Lubukbasung pada 5-7 Mei 2017.

Ketua Perguruan Silat Tangan Mas, Asrial di Lubukbasung, Jumat, mengatakan ke 400 peserta ini berasal dari atlet pencak silat dari utusan perguruan silat Tangan Mas yang ada di Provinsi Sumbar dan Riau.

"Mereka ini merupakan anak didik dari anggota Perguruan Silat Tangan Mas yang telah membuka sasana di Kota Padang, Pariaman, Bukittinggi, Payakumbuh, Limapuluh Kota, Pasaman dan Provinsi Riau," katanya pada pembukaan Kejuaraan Tangan Mas di Gor Rang Agam Lubukbasung, Jumat.

Menurut dia, kejuaraan ini dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Perguruan Silat Tangan Mas ke 20 tahun.

Selain itu untuk ajang silaturahim antarsesama perguruan dan mencari bibit pencak silat karena kejuaraan tersebut dengan klas usia dini, pra remaja dan remaja.

Kegiatan ini, katanya, rutin digelar setiap tanggal 5 Mei dan pada 2016 hanya antarperguruan silat Tangan Mas se-Kabupaten Agam.

"Tahun depan, kita akan mengadakan kejuaraan Tangan Mas dengan mengundang peserta dari seluruh perguruan silat di Sumbar," katanya yang juga pendiri Perguruan Silat Tangan Mas.

Ia menambahkan, perguruan silat Tangan Mas ini berdiri pada 5 Mei 1997. Saat ini, perguruan tersebut telah melahirkan 10.000 atlet.

Semenjak tahun 2000 mereka telah menyumbangkan prestasi di tingkat kabupaten, provinsi, nasional dan internasional.

"Setiap ada kejuaraan, pasti atlet kita meraih medali dan atlet kita juga meraih medali emas pada kejuaraan pencak silat internasional di Singapura pada 2016," katanya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Agam, Martias Wanto menambahkan, perguruan silat Tangan Mas cukup banyak memberikan kontribusi terhadap perkembangan pencak silat dan melahirkan atlet andal di Agam.

"Mudah-mudahan ini ditingkatkan sehingga akan lebih banyak melahir atlet berprestasi yang bisa mengharumkan nama Agam tingkat nasional," katanya.

Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria memberikan apresiasi kepada perguruan silat Tangan Mas yang telah menggelar kejuaraan pencak silat bagi atlet usia dini, pra remaja dan remaja.

Dengan cara ini, maka muncul bibit pencak silat yang handal dari Perguruan Silat Tangan Mas.

"Saya mengucapkan selamat kepada Perguruan Silat Tangan Mas yang telah berusia 20 tahun dan dengan usia 20 tahun ini menandakan usia yang sudah matang," katanya. (*)