Pemkot Pariaman Ciptakan Guru Paud Multitalenta

id Guru, Paud, Multitalenta

Pariaman, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat berupaya menciptakan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang multitalenta dengan melaksanakan pelbagai kegiatan penunjang dalam meningkatkan kompetensinya.

"Perlu adanya peningkatan kualitas kompetensi para guru, baik itu dalam mendongeng, penciptaan lagu anak serta teknik melukis dengan mengoleskan kanji pada kertas atau karton dengan jari atau telapak tangan," kata Bunda PAUD Kota Pariaman, Dafreni Afdal di Pariaman, Rabu.

Ia menyampaikan untuk mewujudkan terciptanya guru-guru PAUD multitalenta, pemerintah setempat bekerja sama dengan Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) daerah setempat untuk menggelar berbagai lokakarya nasional bertemakan 'Menciptakan Guru PAUD Multitalenta'.

Ia menjelaskan dalam kegiatan-kegiatan tersebut menghadirkan sejumlah narasumber terkait yang ahli di bidangnya seperti Imunk seorang ahli dongeng asal Yogyakarta serta jujur sebagai ahli bidang finger painting.

"Untuk di Sumatera Barat, kami sempat menggelar lokakrya nasional untuk 200 guru PAUD dari Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman dan Kabupaten Pasaman Barat beberapa waktu lalu," katanya.

Sementara itu, Ketua Himpaudi Kota Pariaman, Lucyanel Arlym mengatakan kegiatan mendongeng sebenarnya mampu meningkatkan daya imajinasi anak, meningkatkan keterampilan dalam berbahasa yang baik, membangun kecerdasan anak, menimbulkan rasa empati serta meningkatkan daya membaca anak.

Selain itu, tambahnya kegiatan "finger painting" pada anak juga tidak kalah penting yakni untuk mengasah keterampilan anak sejak usia dini.

"Begitu pula dengan kegiatan cipta lagu anak yang dilakukan sambil bermain, tentu akan membuat anak betah serta nyaman ketika belajar di sekolah," ujarnya.

Ia menyampaikan banyaknya manfaat yang diperoleh anak melalui kegiatan mendongeng, cipta lagu anak serta "finger painting" tersebut membuat para guru PAUD perlu terus meningkatkan kompetensinya di bidang tersebut.

"Kami bersama pemerintah setempat akan terus memaksimalkan kegiatan peningkatan kompetensi guru PAUD melalui berbagai kegiatan sehingga guru-guru tersebut benar-benar multitalenta dalam memberikan pengajaran pada tiap anak," katanya. (*)