Solok Selatan Latih 64 Orang Keterampilan Kerja

id pelatihan, Keterampilan, Solok Selatan

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, memberikan pelatihan keterampilan kerja tahap dua kepada 64 warga mampu mandiri.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Solok Selatan, Hapison di Padang Aro, Rabu, mengatakan pelatihan kali ini dibiayai Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp336 juta untuk empat jenis keterampilan yaitu menjahit, boga, bubut dan wira usaha baru atau usaha kecil rumah tangga dan setiap paket pesertanya 16 orang.

"Kami sudah melakukan seleksi terhadap peserta dan pelatihan akan dilaksanakan selama selama 23 hari dimulai dari Senin (15/5)," ujarnya.

Ia menjelaskan, hingga sekarang untuk keterampilan bubut masih kurang peminat dan baru 10 orang yang mendaftar sedangkan kuotanya 16 peserta.

"Kami sudah menyurati pihak kecamatan untuk memenuhi kekurangan peserta pelatihan bubut," katanya.

Ia berharap dengan pelatihan yang diberikan setiap tahunnya tenaga kerja Solok Selatan bisa mandiri dan memiliki usaha sendiri.

Kepala Seksi Pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja Windranaldi menambahkan, khusus untuk bubut ini kurang peminat karena kebutuhannya atau lapangan kerjanya belum terlalu tinggi di Solok Selatan.

Selain itu, katanya mungkin juga karena sosialisasi yang belum maksimal karena baru sampai kecamatan.

"Ke depan akan lebih digiatkan lagi sosialisasi ke masyarakat hingga ke tingkat nagari. Sekarang baru sampai kecamatan karena keterbatasan anggaran," ujarnya.

Menurutnya minat masyarakat setempat untuk mengikuti pelatihan keterampilan kerja masih rendah.

Sebagai contoh, sebutnya tahun ini ada kesempatan pelatihan keterampilan kerja ke Jepang tetapi tidak ada yang berminat.

Terkait pelatihan melalui APBN, katanya sudah selesai dilaksanakan untuk tiga paket yaitu boga, las dan menjahit. (*)

Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar