Dinkes: 72 Wanita Alami Gejala Kanker Serviks

id Kanker Serviks, Tes IVA

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat menemukan 72 wanita usia 30-50 tahun yang diduga mengalami gejala kanker serviks selama pekan pemeriksaan IVA pada Februari sampai April 2017.

Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan Novirman di Padang Aro, Selasa mengatakan semua wanita yang terindikasi gejala kanker serviks dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat untuk mendapatkan penanganan lanjutan.

"Semua wanita yang terindikasi gejala kanker serviks langsung kami rujuk ke RSUD setempat dengan pembiayaan ditanggung BPJS untuk melakukan krioterapi," katanya.

Dari tujuh kecamatan di Solok Selatan yang paling banyak terindikasi gejala kanker serviks berada di Pauah Duo berjumlah 24 orang.

Selanjutnya Kecamatan Sangir Jujuan 13 wanita, Sungai Pagu dan Sangir Balai Janggo masing-masing 10 wanita.

Sedangkan dua Kecamatan lagi yaitu Sangir dan Sangir Batang Hari masing-masing hanya dua wanita yang terdeteksi gejala kanker serviks.

Ia mengatakan periode Februari-April 2017 atau selama pekan pemeriksaan Infeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) yang bekerja sama dengan Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) setempat telah memeriksa 7.349 wanita.

"Realisasi pemeriksaan IVA test Solok Selatan 106,4 persen dari target 6.905 wanita usia 30-50 tahun," kata dia.

Sedangkan berdasarkan sasaran Wanita Usia Subur (WUS), kata dia capain Solok Selatan 31,93 persen.

Sementara itu Ketua TP-PKK Solok Selatan Suriati Muzni mengatakan kanker serviks merupakan pembunuh nomor satu wanita di Indonesia sehingga perlu dilakukan antisipasi lebih dini.

"Kita terus mengajak wanita untuk melakukan IVA test guna mencegah kanker serviks," kata dia.

Dia mengatakan kader PKK selalu memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk melakukan tes IVA.

"Kita juga berharap para suami mendukung istrinya melakukan IVA test," ujarnya. (*)