Hardiknas, Padangpariaman Tabur Bunga Makam Mantan Menteri Pengajaran

id Hardiknas, Tabur Bunga, Menteri Pengajaran

Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padangpariaman, Sumatera Barat menabur bunga di makam mantan Menteri Pengajaran (Menteri Pendidikan), M. Sjafe'i dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional.

"Kegiatan ini merupakan rangkaian memperingati Hardiknas yang diselenggarakan di Padangpariaman," kata Wakil Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur usai tabur bunga di Kayu Tanam, Selasa.

Rangkaian kegiatan tersebut yaitu mulai dari gerak jalan jantung sehat pada Rabu (26/4) yang diikuti oleh puluhan pelajar dan aparatur Pemkab Padangpariaman, upacara Hardiknas, dan tabur bunga.

Ia menambahkan tujuan diselenggarakan tabur bunga tersebut yaitu untuk menunjukkan kepada pelajar di daerah itu agar ke depan menghormati jasa pahlawan.

Menurutnya M. Sjafe'i merupakan pahlawan pendidikan baik tingkat nasional, Sumbar, dan Padangpariaman secara khususnya.

Penilaian tersebut karena selain M. Sjafe'i selain memperjuangkan pendidikan di Indonesia ia juga mendirikan INS Kayu Tanam guna meningkatkan pendidikan di daerah itu.

"Karena itu kami mengimbau pelajar untuk mempelajari perjuangan pahlawan yang dikenal tanpa tanda jasa tersebut," katanya.

Ia mengajak pelajar di daerah itu untuk menghormati guru di daerah tersebut dengan cara tekun belajar dan nantinya mengabdi kepada masyarakat.

Ia mengatakan pemkab pun juga berupaya menerus perjuangan M. Sjafe'i di daerah itu dengan menjadikan Padangpariaman sebagai kabupaten pendidikan.

Upaya tersebut mendatangkan sejumlah perguruan tinggi baik negeri maupun swasta untuk membangun perguruan tinggi di daerah itu.

"Saat ini telah ada Institut Seni Padangpanjang yang akan membangun gedungnya di Nagari Kapalo Ilalang Kecamatan 2x11 Enam lingkung," ujarnya.

M. Sjafe'i adalah seorang tokoh pendidikan Indonesia yang lahir di Ketaping, Kalimantan Barat pada 21 Januari 1896 dan meninggal 11 November 1966.

Ia merupakan pendiri INS Kayu Tanam, sebuah lembaga pendidikan menengah swasta di 2 X 11 Kayu Tanam, Padangpariaman.

Makam M. Sjafe'i di halaman Indonesisch Nederlansche School (INS) Kayu Tanam. (*)