Bupati : Ayo Jujur Laksanakan UN

id Hendrajoni, Ujian Nasional, SLTP

Bupati :  Ayo Jujur Laksanakan UN

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni.

Painan, (Antara Sumbar) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni mengajak peserta Ujian Nasional (UN) SMP sederajat di daerah itu belajar maksimal agar hasilnya juga maksimal.

Ajakan tersebut diutarakan ketika meninjau penyelenggaraan UN di SMPN 1 Painan, SMPN 2 Painan dan MTsN Salido, Kecamatan IV Jurai, Selasa.

"Yang menentukan hasil UN adalah pelajar melalui ilmu yang diberikan oleh gurunya. Jadi jika ingin hasilnya maksimal tentu belajarnya juga maksimal," katanya.

Ia juga berpesan kepada pelajar agar jujur dalam pelaksanaan UN, karena seyogyanya UN merupakan tolak ukur kemampuan masing-masing pelajar.

Kepala SMPN 1 Painan, Mardalena mengatakan sebagai salah satu SMP yang menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di daerah itu pihaknya telah melakukan berbagai persiapan dengan matang.

Mulai dari simulasi pelaksanaan UNBK hingga menyediakan generator set (genset) mengantisipasi permasalahan kelistrikan.

Ia menyebutkan total pelajar sekolah tersebut yang mengikuti UNBK berjumlah 233 orang dan dibagi menjadi tiga shift.

"Di antara ratusan pelajar tersebut, satu diantaranya masih dalam keadaan cedera karena kecelakaan lalu lintas namun berkat dorongan dari keluarga ia pun bisa mengikuti ujian," katanya.

Kepala MTsN Salido, Masni mengatakan pelajar yang mengikuti UN di madrasah yang dipimpinnya berjumlah 235 pelajar yang dibagi ke dalam 12 kelas.

"Saat ini kami masih menyelenggarakan UN berbasis kertas dan pensil, 2018 kami menargetkan bisa menyelenggarakan UNBK," ujar Masni. (*)