Kopertis-X Jadikan Hardiknas Awal Penguatan Pendidikan Vokasi

id Herri

Kopertis-X Jadikan Hardiknas Awal Penguatan Pendidikan Vokasi

Koordinator Kopertis Wilayah X, Prof. Herri. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah X Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau menjadikan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) sebagai awal upaya penguatan pendidikan vokasi atau berbasis keterampilan.

"Saat ini perguruan tinggi berbasis vokasi seperti politeknik hanya lima yang tersebar, ke depan perguruan tinggi lainnya akan diarahkan juga," kata Koordinator Kopertis X, Prof Herri usai kegiatan upacara Hardiknas 2017 di Padang, Selasa.

Dia mengatakan sebagaimana amanat Kementerian Riset dan Dikti yang mengarahkan pada relevansi pendidikan tinggi untuk peningkatan ekonomi, maka dasar vokasi diprioritaskan pada bidang tersebut.

Dalam hal ini kata dia, pihaknya akan mendorong kampus swasta untuk meningkatkan penelitian yang tujuannya bisa diaplikasikan.

Tidak hanya sebatas penemuan, kemudian jurnal dan hak paten, kampus juga akan didorong bisa bekerja sama dengan industri dan pemerintah daerah.

Kolaborasi ini kata dia, akan menciptakan suatu industri baru yang bermanfaat untuk meningkatkan pendapat daerah ke depan.

"Kampus akan didorong lebih untuk menciptakan sumber daya terampil dan siap kerja khususnya dalam bidang industri," ujar dia.

Salah satu langkah utama yang harus disiapkan kampus sebutnya, yakni menyiapkan sarana prasarana mumpuni dan mewujudkan kerja sama dengan daerah.

Semua ini ujar dia bukan untuk politeknik saja, namun semua kampus bisa mengarahkan pada pendidikan vokasi. (*)