Belasan Bus Pariwisata di Beijing Terbakar

id Bus, Terbakar, Beijing

Belasan Bus Pariwisata di Beijing Terbakar

Ilustrasi. (ANTARA FOTO)

Beijing, (Antara Sumbar) - Belasan unit bus pariwisata terbakar di lahan parkir salah satu hotel di wilayah timur Beijing, Minggu siang.

Pihak otoritas pemerintah kota setempat menyatakan bahwa tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi di Ibu Kota China tersebut.

Biro Pemadam Kebakaran Kota Beijing menerima laporan pada pukul 12.22 waktu setempat (11.22 WIB) mengenai beberapa bus yang sedang parkir di halaman luar Xiedao Holiday Resort, Distrik Chaoyang, dilalap "si jago merah".

Biro tersebut kemudian mengirimkan 12 tim petugas pemadam kebakaran dan 50 unit mobil pemadam kebakaran ke lokasi kejadian, demikian media resmi pemerintah setempat melaporkan.

Api baru berhasil dipadamkan pada pukul 14.23 waktu setempat dan tidak ada satu pun korban jiwa, demikian pernyataan biro pemadam kebakaran itu.

Xiedao yang kalau diartikan dalam bahasa Indonesia adalah "Pulau Kepiting" itu berjarak sekitar 10 kilometer dari Bandar Udara Internasional Ibu Kota Beijing.

Mulanya api membakar satu unit bus dan secepat kilat merembet ke beberapa bus lainnya.

Tayangan video dan foto lokasi kejadian yang menunjukkan kobaran api, asap hitam, dan suara sirine yang meraung-raung langsung menjadi viral di media sosial dan laman berita.

"Di lokasi kejadian benar-benar mengerikan....Saya berharap tidak ada korban tewas atau luka," kata Liu Dong, salesman, yang melihat asap hitam pekat membubung tinggi dari beberapa kilometer.

Faktor penyebab peristiwa kebakaran tersebut sampai saat ini masih dalam penyelidikan. (*)