PTDI Tandatangani Pembelian 34 Mesin Turboprop Honeywell

id PTDI

PTDI Tandatangani Pembelian 34 Mesin Turboprop Honeywell

PT Dirgantara Indonesia (PTDI).

Jakarta, (Antara Sumbar) - PT Dirgantara Indonesia menandatangani kesepakatan pembelian 34 unit mesin turboprop dari perusahaan teknologi dan manufaktur berbasis di Amerika Serikat, Honeywell Aerospace.

Honeywell akan memasok mesin turboprop TPE331 untuk pesawat NC212i milik PT Dirgantara lndonesia (PTDI) selama empat tahun ke depan.

"Mesin TPE331 Honeywell adalah salah satu mesin turboprop yang paling dapat diandalkan dan telah terbukti di dunia dan memenuhi syarat sebagai mesin untuk pesawat kami," kata Direktur Produksi PTDI Arie Wibowo pada penandatanganan kontrak di Jakarta, Jumat.

Pengiriman enam mesin pertama akan dilakukan tahun ini, sedangkan sisanya akan dikirim secara bertahap sampai dengan tahun 2020.

Kesepakatan ini merupakan kontrak dirgantara terbesar antara Honeywell dan PT Dirgantara lndonesia hingga saat ini. Kontrak ini merupakan bukti atas kemitraan kuat dan berjangka panjang antara Honeywell dengan industri dirgantara lndonesia.

Dengan mesin turboprop TPE331 Honeywell, pesawat NC212i milik PTDI dapat lepas landas dan naik secara lebih cepat, mencapai kecepatan jelajah (cruise speed) lebih efisien, pemakaian bahan bakar yang lebih hemat dan menekan biaya operasi.

Selain itu, sebagai bagian dari strategi Honeywell di pasar yang bertumbuh secara pesat seperti lndonesia, Honeywell akan memberikan pelatihan mengenai mesin TPE331 secara gratis kepada enam insinyur PTDI guna membangun keterampilan pemeliharaan armada serta memastikan pengetahuan teknis bagi mitra-mitra lokal.

Sebelum perjanjian ini, Honeywell telah dipilih untuk memasok 11 mesin TPE331 untuk armada pesawat NC212-400 dan NC212i milik PTDI pada 2015.

"Honeywell dan PTDI telah menjalin hubungan kerja sama jangka panjang yang saling menguntungkan selama lebih dari 40 tahun dan kami optimis bahwa kemitraan ini akan terus berlanjut," kata Presiden Honeywell Indonesia Alex Pollack.

Berbagai produk Honeywell telah didistribusikan dan dipasang di Indonesia sejak 1974. Pada 1992, Honeywell membangun kantor pertamanya di Indonesia untuk mengelola jaringan perusahaan-perusahaan distribusi lokaI.

Saat ini, Honeywell telah mempekerjakan lebih dari 1.200 orang di beberapa kota di Indonesia, termasuk Jakarta, Surabaya, Batam dan Bintan. (*)